Heboh Siswi Nonmuslim Disuruh Pakai Jilbab, Kepala SMK Negeri 2 Padang Minta Maaf

- Sabtu, 23 Januari 2021 | 12:28 WIB
Ilustrasi siswi berjilbab (Pixabay)
Ilustrasi siswi berjilbab (Pixabay)

Setelah viral tentang siswi nonmuslim yang harus memakai kerudung atau jilbab, Kepala SMK Negeri 2 Padang Rusmadi, meminta maaf.

"Selaku Kepala SMK Negeri 2 Padang, saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dari jajaran staf Bidang Kesiswaan dan Bimbingan Konseling dalam penerapan aturan dan tata cara berpakaian bagi siswi," kata Rusmadi, Jumat (22/1/2021) malam.

Dia menyebut yang beradu argumen dalam video viral itu adalah  Zakri Zaini, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Rusmadi menegaskan bahwa mereka tidak mewajibkan siswi nonmuslim memakai jilbab, namun hanya mengimbau saja.

"Prinsipnya itu adalah proses menjelaskan aturan berpakaian. Kami tidak mewajibkan siswi nonmuslim untuk menggunakan kerudung seperti informasi yang viral di media sosial. Tidak ada paksaan," katanya.

Jika siswi yang bernama Jeni Cahyani Hia tidak mau memakai jilbab, Rusmadi memastikan dia tetap bisa bersekolah seperti biasa.

"Sekolah memfasilitasi keinginan ananda kita itu untuk berseragam sekolah seperti yang disebutkan dalam surat pernyataannya," tambahnya.

Kasus ini menjadi pembicaraan setelah Elianu Hia, orangtua dari Jeni Hia dipanggil pihak sekolah karena menolak memakai jilbab sesuai peraturan sekolah.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa untuk ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan (sekolah) negeri," kata Eliana.

"Menjadi janggal bagi guru-guru dan pihak sekolah kalau ada anak yang tidak ikut peraturan sekolah. Kan di awal kita sudah sepakat," balas Zakri Zaini.

Jeni dan ayahnya akhirnya menandatangani surat pernyataan bersedia melanjutkan masalah ini dan menunggu keputusan pejabat berwenang.

Jeni sendiri merupakan siswi kelas X jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 2 Padang.

-
Surat pernyataan siswi nonmuslim menolak pakai jilbab (Facebook/Elianu Hia)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X