The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tiongkok Larang Pembuatan Video Mukbang, Khawatir Ancam Ketahangan Pangan Negara
Ilustrasi. (Photo/Ilustrasi/Istimewa)
News

Tiongkok Larang Pembuatan Video Mukbang, Khawatir Ancam Ketahangan Pangan Negara

Senin, 10 Mei 2021 23:32 WIB 10 Mei 2021, 23:32 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, Tiongkok telah membuat beberapa perubahan pada undang-undang mereka saat ini dengan menambahkan sesuatu yang ekstra yang disebut undang-undang anti-limbah makanan.

Dikatakan bahwa undang-undang tersebut berasal dari kampanye anti-limbah makanan yang dimulai pada tahun 2020 oleh Presiden Xi Jinping yang merasa bahwa pemborosan makanan adalah masalah yang mengancam ketahanan pangan negara.

Undang-undang ini melarang pengunjung memesan lebih dari yang mereka butuhkan di restoran dan juga melarang pembuatan film atau berbagi video "pesta makan-makan", yang lebih dikenal sebagai video mukbang.

Baca juga: Katak Raksasa Seukuruan Bayi Manusia Ini Ditemukan di Kepulauan Solomon, Besar Banget!

Video semacam itu sekarang diturunkan di situs media sosial Tiongkok. Perusahaan TV dan media juga dapat didenda hingga 16.000 USD atau setara Rp225 juta jika ketahuan memproduksi atau menayangkan video mukbang.

Restoran juga akan didenda hingga 1.550 USD atau Rp21,8 juta jika kedapatan mempromosikan pemesanan berlebihan (yang menyebabkan pemborosan makanan).

Menurut VICE, dikutip pada Senin (10/5/2021) sebuah toko roti di Nanjing diperingatkan oleh pihak berwenang setelah mereka kedapatan membuang kue-kue yang tidak sempurna atau tua. Pemilik sop berjanji untuk menyumbangkannya dan mengubahnya menjadi sampel gratis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US