Sejumlah Dukun Banyuwangi Deklarasikan Organisasi Perdunu, akan Gelar 'Festival Santet'

- Kamis, 4 Februari 2021 | 10:37 WIB
Ilustrasi dukun (Istimewa)
Ilustrasi dukun (Istimewa)

Sejumlah orang mengaku sebagai dukun, mendeklarasikan perkumpulan yang disebut Perdunu (Persatuan Dukun Nusantara).

Deklarasi ini dilakukan di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, pada hari Rabu (3/2/2021), dan digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Abdul Fatah Hasan didaulat menjadi Ketua Umum Perdunu dan mengatakan perkumpulan ini diharapkan bisa memberi solusi nyata untuk masyarakat.

"Memang selama ini kan tabu dibicarakan. Makanya kita publikasikan kepada masyarakat bahwa ada perkumpulan ahli spiritual di Banyuwangi," ujarnya kepada wartawan.

Yang bergabung dalam Perdunu adalah para ahli spiritual dari berbagai bidang, mulai dari pengobatan hingga psikologis.

"Kita segmentasikan keahlian dukun yang ada. Misal pengobatan dari medis hingga non medis. Ada pula tentang psikologis, dari yang logis dan non logis. Bisa seperti penglaris hingga jabatan itu ada segmentasinya," tambahnya.

Perdunu sendiri memiliki logo bintang 9, dupa dan keris yang berarti harapan agar doa para dukun ini berhasil. Sementara itu, Sekretaris Umum Perdunu, Ali Nur Fatoni berharap dengan adanya perkumpulan ini, masyarakat tidak lagi tertipu oleh dukun abal-abal.

"Nah ini yang penting. Karena jangan sampai masyarakat tertipu dengan dukun abal-abal. Karena sudah banyak masyarakat yang ditipu dukun dengan modus berbagai cara," terangnya.

Lalu, apa saja program kerja para dukun Banyuwangi ini? Mereka akan mengadakan "Festival Santet" setiap bulan Suro untuk mengedukasi masyarakat soal ilmu spiritual tanah Banyuwangi.

Mereka juga akan mengajarkan cara mengobati jika terkena santet serta memperkenalkan destinasi mistis yang ada di Banyuwangi, seperti Alas Purwo, Antaboga, dll.

Para dukun Bumi Blambangan ini juga akan menggelar doa bersama dan pengobatan gratis untuk masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X