Pakar Membongkar Akun Buzzer yang Serang Bintang Emon dan Tuduh Pakai Narkoba

- Selasa, 16 Juni 2020 | 12:06 WIB
Bintang Emon dituduh pakai narkoba (Istimewa)
Bintang Emon dituduh pakai narkoba (Istimewa)

Ismail Fahmi yang merupakan pakar media sosial dari Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, mengungkap serangan terhadap Bintang Emon usai mengomentari kasus Novel Baswedan.

Serangan fitnah bahwa Bintang Emon menggunakan narkoba datang dari tiga akun Twitter, yaitu @Tiara61636212, @LintangHanita, dan @LiarAngsa.

Sayangnya, ketiga akun tersebut sudah di-suspend oleh Twitter sehingga data-data lawasnya tidak bisa ditelusuri. Ismail mengatakan tidak bisa menyimpulkan hubungan antara ketiga akun tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gusti Bintang (@bintangemon) on

Namun, ketiga akun ini sebenarnya memiliki jumlah followers yang sangat kecil, mulai dari 0-9 followers. Namun, trennya menanjak setelah mendapat response dari berbagai tokoh publik.

"Serangan oleh 3 akun pada akhir tgl 14 Juni itu, langsung mendapat response (respons) dari public figure (tokoh publik), shg pd (sehingga pada) 15 Juni pagi lgs (langsung) viral," tulisnya.

Berdasarkan penelusuran berdasarkan kata kunci "sabu" dan "narkoba" ketiga akun Twitter ini mencuit serangan secara bersamaan terhadap Bintang emon.

"Search dg keyword "sabu" dan "narkoba" menghasilkan 3 akun yang membuat postingan yg sama persis, pada menit yg sama pula. Ketika masing-masing diexplore, semua menampilkan 5 postingan yang sama persis dan jam yang sama, antara 22:45 sd 22:49 WIB.' tulis Ismail di akun Twitternya, @ismailfahmi

Foto yang diunggah ke media sosial berisi narasi bahwa Bintang Emon menggunakan narkoba untuk menjaga stamina. Emon juga dituding tidak berani melakukan tes urin.

Setelah tiga akun tersebut melemparkan isu, netizen langsung bereaksi dan kasusnya semakin besar setelah ditanggapi oleh sesama komika dan tokoh publik lainnya.

"Tampak pada 14 Juni percakapan masih sangat rendah. Baru pada 15 Juni pagi naik pesat. Pukul 04:25 akun @ramydhia membuat thread ttg @bintangemon. Lalu disambut @pandji  pada 07:21, dan @Arie_Kriting 07:38. Viral sd malam," ujar Ismail.

Yang perlu digarisbawahi atas trendingnya Bintang emon ini adalah, dia mengalahkan isu utama yang sedang menjadi pembahasan, yaitu tuntutan 1 tahun penjara untuk penyerang Novel Baswedan.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X