Sulaiman Si Dokter Gadungan Praktik 15 Tahun di Atas Kapal, Ini Tanggapan PT Pelni

- Jumat, 19 Juni 2020 | 18:35 WIB
Sulaiman, dokter diduga pakai ijazah palsu (Istimewa)
Sulaiman, dokter diduga pakai ijazah palsu (Istimewa)

Seorang dokter gadungan bernama Sulaiman kedapatan menggunakan ijazah palsu. Padahal ia sudah bekerja sebagai dokter di kapal Pelni selama 15 tahun. Semula ia mengaku lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar. 

PT. Pelayaran Nasional Indoenesia (Persero) atau PT Pelni mengungkapkan, adanya dokter dengan ijazah palsu benar terjadi. 

Kepada Indozone, Humas PT Pelni, Ayu mengatakan, kasus tersebut terbuka saat PT Pelni melakukan verifikasi kepegawaian untuk pemutahiran data SDM. Verikasi meliputi tenaga organik, non organik termasuk penelitian ijazah para karyawannya agar terverikasi keakuratan dan keasliannya. 

Dalam verifikasi tersebut, sambung Ayu, terdapat data Suleman, mantan Pekerja Harian Lepas (PKL) yang menjadi tenaga medis di kapal dengan indikasi tidak valid. Pelni pun melakukan pengecekan ke universitas tempat Suleman menimba ilmu dan ditemukan ketidakcocokan nomor ijazah dan dinyatakan yang bersangkutan tidak pernah kuliah di Universitas Hasanudin serta diduga ijazahnya palsu.

Pelni pun lansung memberhentikan tenaga medis kontrak tersebut. Pelni pun menyerahkan kepada pihak berwajib untuk mengusut pemalsuan ijazah dokter yang digunakan untuk melamar di Pelni 25 tahun lalu.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X