Heboh! Oknum Guru Besar USU Juga Diduga Rasis ke Natalius Pigai, Ini Katanya

- Senin, 25 Januari 2021 | 20:42 WIB
Tangkapan layar cuitan Guru Besar USU Profesor Yusuf Leonard (Twitter @ProfYLH)
Tangkapan layar cuitan Guru Besar USU Profesor Yusuf Leonard (Twitter @ProfYLH)

Kasus dugaan rasisme terhadap aktivis HAM asal Papua Natalius Pigai mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Selain Ambroncius Nababan, ujaran rasisme terhadap Pigai diduga juga dilakukan oknum lainnya.

Bahkan, beredar tangkapan layar unggahan media sosial Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) Profesor Yusuf Leonard Henuk yang diduga turut melakukan tindakan rasis.

Pada foto yang beredar, Prof Yusuf memajang foto seekor kera sedang bercermin dan disandingkan dengan foto Natalius Pigai.

"Pace @NataliusPigai2 beta mau suruh ko pergi ke cermin lalu coba bertanya pada diri ko:"Memangnya @NataliusPigai2 punya kapasitas di negeri ini?".Pasti ko berani buktikan ke @edo751945 & membantah pernyataan @ruhutsitompul yang tentu dapat dianggap salah,” tulis cuitan pada foto yang beredar.

-
Tangkapan layar cuitan Guru Besar USU Profesor Yusuf Leonard Henuk

Cuitan yang diduga dilakukan seorang Guru Besar tersebut langsung menuai kecaman.

Satu di antaranya datang dari polikus Partai Demokrat Muhammad Rifai Darus.

"STOP RASISME !!!! Apa yang dilakukan oleh Prof Yusuf L Henuk dan Drs. Ambroncius LM Nababan diMedsos terhadap Natalius Pigai adalah Bentuk Rasisme, kita akan lihat Peran dan Janji Kapolri yang Baru apakah 'Hukum Masih Tajam Kebawah dan Tumpul keatas'???*MRD*" tulis Rifai melalui akun Twitter @RifaiDarusM, Minggu (25/1/2021).

Mendapat tuduhan rasis, Prof Yusuf mengaku tidak bersalah. Dia membantah telah melakukan tindakan rasis terhadap Pigai.

"KLARIFIKASI @ProfYLH:Soal serangan ke @NataliusPigai3 bukan @ProfYLH saja,jadi berita ini sesatkan&rugikan @ProfYLH(http://share.babe.news/s/FyMcMfUQvR), karena diskusi kami tanggapi tanggapan @edo751945 & @ruhutsitompul, @nataliupigai3 harus tanggapi/klarifikasi soal 'ilustrasi monyet&cermin'," cuitnya melalui akun @ProfYLH.

Menurutnya, cuitan itu dimaksudkan agar Pigai interopeksi diri.

"SUDAHLAH SEMUA,SETELAH @ProfYLH TELAH KLARIFIKASI"SINDIRAN"SOAL "MONYET & CERMIN" KE @NataliusPigai3  YANG INTINYA@NataliusPigai3 HARUS "INTROSPEKSI DIRI",SEHINGGA DENGAN DEMIKIAN @ProfYLH DAPAT MENGKLAIM TAK MELAKUKAN RASISME TAPI JELAS"SINDIRAN"SEMATA AGAR NP INTROSPEKSI DIRI," cuitanya lagi.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X