Sayembara Desain Kantor Pemerintahan Ibu Kota Anyar Bakal Digelar PUPR

- Rabu, 25 Desember 2019 | 10:33 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww).
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww).

Setelah menetapkan pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berencana menggelar sayembara untuk desain kantor-kantor pemerintahan di ibu kota anyar. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap, gedung yang akan dibangun di IKN harus unik. Desain luarnya mengangkat tema tradisional, namun di dalamnya fasilitas harus modern yang menunjukkan smart building.

"Rencananya akan ada sayembara tersendiri untuk desain gedung-gedung pemerintahan," ujar Menteri Basuki. 

Basuki meminta, peran besar dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dalam mendukung kesuksesan pembangunan di IKN seperti dalam renovasi venue Asian Games 2018. 

-
Desain Pemenang Sayembara Ibu Kota. (PUPR).

 

"Untuk itu IAI Kaltim harus diperkuat, jika diperlukan kantor pusat IAI dipindah ke Kaltim. Ini merupakan kerja besar bagi para arsitek, urban designer, dan city planner," katanya.

Ia berjanji, akan segera mengundang ahli-ahli terkait lainnya tingkat nasional dan internasional, untuk menilai kualitas Urban Design IKN yang lebih paripurna. 

"Baik yang akan ikut berperan langsung dalam perancangan maupun sebagai penasehat atau reviewer," ujarnya. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X