Pemudik Diimbau Minta Stiker Usai Jalani Swab Antigen di Pos Penyekatan

- Selasa, 18 Mei 2021 | 20:13 WIB
Pemudik menjalani swab antigen di Terminal Kalideres Jakarta (ANTARA/Fauzan)
Pemudik menjalani swab antigen di Terminal Kalideres Jakarta (ANTARA/Fauzan)

Polda Metro Jaya saat ini tengah fokus memeriksa para pemudik yang kembali ke Jakarta dan sekitarnya berkaitan dengan virus corona. Untuk menghindari adanya swab antigen double untuk pemudik, Polda Metro mengingatkan pemudik meminta stiker jika sudah dicek di pos penyekatan sebelumnya.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Tujuannya dikatakan Yusri agar tidak terjadi swab antigen berulang ke pemudik yang sebelumnya sudah melakukan swab.

Baca juga: Seorang Ayah Unggah Video Putri Kecilnya, Netizen Merinding Lihat Cara Didiknya

"Minta stikernya untuk kendaraan pribadi atau umum yang sudah dilakukan swab antigen untuk bisa memudahkan," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Stiker itu sendiri diketahui sebagai penanda jika pemudik atau pengendara kendaraan sudah menjalani swab antigen di pos penyekatan sebelumnya. Jika kendaraan memiliki stiker tersebut, polisi tidak akan melakukan swab antigen kembali.

Lebih jauh Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat atau pemudik agar lebih dulu menjalani swab antigen sebelum kembali ke rumahnya masing-masing. Swab antigen bersifat wajib sebagai syarat kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

"Kita mengharapkan warga Jakarta yang pulang kembali untuk tetap melakukan swab antigen di daerah asal dia berangkat, ini kewajiban," kata Yusri.

"Kalau hasilnya negatif, silakan berangkat dengan memperlihatkan surat keterangan bebas Covid-19 untuk mempermudah saat ada pemeriksaan di jalan," sambung Yusri.

Seperti diketahui, Polri bersama instansi terkait melakukan pengecekan virus corona secara acak kepada para pemudik yang kembali ke rumahnya masing-masing. Jika pemudik tersebut sudah menjalani pengecekan di pos penyekatan, Polri akan memberikan stiker khusus sebagai petanda jika pemudin tersebut sudah dicek terkait virus corona di pos penyekatan sebelumnya.
 

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X