Sindikat Pemalsu Surat Swab PCR di Bandara Soetta Terbongkar, Suket Digital Dikembangkan

- Selasa, 19 Januari 2021 | 10:01 WIB
Sindikat pemalsu surat hasil swab PCR di Bandara Soekarno-Hatta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Sindikat pemalsu surat hasil swab PCR di Bandara Soekarno-Hatta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Polres Bandara Soekarno-Hatta berhasil membongkar sindikat pemalsu surat keterangan hasil tes COVID-19. Sebanyak 15 orang tergabung dalam sindikat pemalsu surat hasil swab PCR Covid-19 sebagai syarat penerbangan.

Para tersangka ditangkap oleh petugas pada rentang waktu 7-13 Januari 2021. Saat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut diketahui para tersangka ini sudah menjalankan aksinya sejak Oktober 2020.

"Total ada 15 orang yang ditangkap terkait pemalsuan surat hasil swab test PCR," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (19/1/2021).

Modus para tersangka dalam menjalankan aksinya adalah dengan memalsukan surat tes usap yang diterbitkan oleh sejumlah penyelenggara tes usap resmi.

"Penyidik telah menghubungi pihak Naraya Medical Center, Farmalab dan fasilitas kesehatan perihal hasil PCR yang diduga palsu tersebut dan didapat keterangan bahwa surat hasil negatif swab PCR, rapid antibody maupun rapid antigen tersebut adalah palsu," kata Yusri.

Sementara itu, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol Adi Ferdian Saputra mengatakan sinergi perlu dilakukan bersama-sama seluruh stakeholder agar kejadian pemalsuan surat ini tidak berulang.

“Sebetulnya sistem sudah bagus, tetapi oknum selalu mencari peluang. Agar bersama-sama kita bersinergi,” jelas Kombes Pol Adi Ferdian Saputra.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kewaspadaan, saat ini AP II dan Kementerian Kesehatan tengah berkoordinasi untuk menerapkan secara masif pemeriksaan surat keterangan hasil tes COVID-19 secara digital melalui aplikasi eHAC.

Calon penumpang yang melakukan tes COVID-19 di fasilitas kesehatan yang terdaftar di eHAC milik Kementerian Kesehatan, bisa melakukan validasi surat keterangan hasil tes secara digital oleh KKP Kemenkes untuk mendapatkan barcode. Kemudian, barcode tersebut bisa ditunjukkan langsung di konter check in di bandara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X