PPKM Berlevel Diperpanjang, Pemerintah Diminta Jamin Kebutuhan Pasien Isolasi Mandiri

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:29 WIB
Polisi memberi salam usai memberikan bantuan sembako kepada warga yang melakukan isolasi mandiri COVID-19 (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.)
Polisi memberi salam usai memberikan bantuan sembako kepada warga yang melakukan isolasi mandiri COVID-19 (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.)

Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi meminta agar pemerintah dapat memastikan pasien isolasi mandiri yang terpapar Covid-19 terpenuhi kebutuhannya selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 periode 3-9 Agustus 2021.

"Pemerintah harus memastikan pasien isolasi mandiri terpenuhi kebutuhannya hingga sembuh," kata Nurhadi kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Dia menyatakan, pasien yang menjalani isolasi mandiri adalah bukan kemauannya dan terpaksa lantaran kapasitas fasilitas kesehatan (faskes) memiliki keterbatasan. Sehingga dia menekankan jangan sampai kasus kematian pasien isolasi mandiri meningkat karena kurangnya pemantauan.

Baca Juga: Anies Yakin Perpanjangan PPKM Level 4 Dapat Tekan Kasus Covid-19 di Jakarta

"Pasien terpaksa isoman karena over kapasitas faskes mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit. Jangan sampai kasus kematian pasien isoman terus meningkat  akibat kurang pemantauannya," tegas dia.

Selain itu, Politikus Partai NasDem ini mengingatkan kepada pemerintah untuk juga menjamin ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan fasilitas kesehatan di saat PPKM level 4 ini.

Terpenting adalah juga meningkatkan testing dan tracing karena penurunan kasus bukan berarti usaha penanganan pandemi berhasil namun karena angka testing yang jauh menurun.

"Testing dan tracing perlu dilakukan lebih masif. Penurunan kasus bukan berarti usaha penanganan pandemi telah berhasil, karena angka itu disertai oleh jumlah testing yang juga jauh menurun," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X