Vaksin Nusantara Didukung Anggota DPR, Jokowi: Masak Politikus Ngurusin Vaksin

- Rabu, 21 April 2021 | 10:50 WIB
Presiden Jokowi meninjau proses vaksinasi Covid-19 (ANTARA FOTO/Pool-Diaz Firmansyah)
Presiden Jokowi meninjau proses vaksinasi Covid-19 (ANTARA FOTO/Pool-Diaz Firmansyah)

Presiden Jokowi menegaskan bahwa dia mendukung segala bentuk penelitian untuk penanganan pandemi Covid-19, siapa pun yang melakukannya.

“Saya mendukung riset. Ini kan penelitian, siapapun silakan untuk membuat vaksin sendiri," ujar Presiden Jokowi, Selasa (20/4/2021).

Namun, dia menegaskan penelitian seputar vaksin Covid-19 adalah ranah ilmiah, bukan malah menjadi perdebatan politik.

Salah satunya adalah polemik soal Vaksin Nusantara yang tidak mendapatkan dukungan dari BPOM dan Satgas Covid-19 karena sejumlah dokumen uji klinis fase I yang belum lengkap.

Namun, Vaksin Nusantara malah beralih menjadi isu yang dibahas oleh politikus dan beberapa anggota DPR menyatakan dukungannya bahkan bersedia menjadi relawan.

“Kok ramai sih? Mestinya perdebatannya itu perdebatan ilmiah, ini masak politikus ngurusin vaksin, lawyer ngurusin vaksin, apa urusannya? Sudahlah," tegas Presiden.

"Mestinya ini masuk ke perdebatan ilmiah, disesuaikan sama mekanisme ilmiah," tambahnya.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan proses pembuatan Vaksin Nusantara tidak sesuai kaidah ilmiah. Pengemban vaksin ini menolak melalui tahapan praklinik dan  langsung masuk ke uji klinik tahap 1.

Salah satu vaksin Covid-19 yang tengah diteliti dan dikembangkan di Indonesia adalah vaksin Merah Putih. Namun, Jokowi mengatakan vaksin tersebut belum bisa digunakan dalam waktu dekat.

“Progres yang saat ini kelihatan adalah salah satunya Vaksin Merah Putih, meskipun mungkin baru tahun 2022 selesai dan dapat digunakan,” kata Presiden.

Presiden Joko Widodo berharap kepada setiap elemen bangsa untuk bersatu dalam upaya mengakhiri pandemi Covid-19.

Ia berharap setiap elemen bangsa Indonesia bersatu dalam upaya mengakhiri pandemi Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X