Kabinda Papua Tewas Ditembak KKB, Puan: Identifikasi Masalah dan Menangkan Hati Masyarakat

- Senin, 26 April 2021 | 13:18 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani. (ANTARA/Reno Esnir).
Ketua DPR, Puan Maharani. (ANTARA/Reno Esnir).

Ketua DPR RI Puan Maharani menyarankan alangkah baiknya dalam menyelesaikan konflik yang ada di Papua harus dilakukan identifikasi utuh guna mendalami pemicu hingga motivasi KKB melakukan serangan.

Setelahnya menurut Puan, koordinasi juga harus dilakukan TNI-Polri bersama pemerintah daerah, pemuka agama, tokoh adat/masyarakat, dan pihak terkait lainnya.

“Bangun komunikasi dengan masyarakat, menangkan hati masyarakat, karena saya yakin masalah KKB di Papua ini hanya bisa diselesaikan dengan dukungan besar dari masyarakat, dari saudara-saudara kita di sana,” ujar Puan, Senin (26/4/2021).

Meski demikian, Puan melanjutkan, penegakan hukum tetap harus dilaksanakan pada siapapun yang terbukti bersalah, apalagi terbukti melakukan tindak kekerasan bersenjata yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

“Lindungi keselamatan warga dari aksi KKB, maka dari itu penegakan hukum jadi bagian penting untuk menyelesaikan masalah ini,” tegas Puan.

Tidak sampai di situ, Puan turut mengucapkan berbelasungkawa atas gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya setelah terlibat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4/2021) sore.

BACA JUGA: Seluruh Kru KRI Nanggala-402 Gugur, Jokowi: Mereka Putra Terbaik Bangsa

Puan meminta pemerintah, TNI dan Polri terus berkoordinasi guna melindungi masyarakat yang ada di sana.

“Duka mendalam atas gugurnya Kabinda Papua. Koordinasi harus diperkuat, termasuk komunikasi dengan masyarakat untuk menyelesaikan konflik di sana dan semoga tidak berulang menimbulkan korban jiwa,” tandas Puan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X