The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

PDIP: Tak Ada Urgensi Reshuffle Nadiem Makarim
Kanan Andreas Hugo Pareira (Instagram/@andreaspareira); Kiri: Mendikbud Nadiem Makarim (Instagram/@nadiemmakarim)
News

PDIP: Tak Ada Urgensi Reshuffle Nadiem Makarim

Sejauh ini kinerjanya baik.

Kamis, 15 April 2021 11:00 WIB 15 April 2021, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Isu reshuffle di Kabinet Indonesia Maju semakin kencang setelah dileburnya Kemenristek dengan Kemendikbud dan ditambah lagi pembentukan Kementerian Investasi. 

Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal melantik Menteri Menteri Dikbud/Ristek usai lingkaran Istana mengabarkan demikian. Nama Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sedang berhembus kencang bakal direshuffle.

Terkait hal tersebut, anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira mengatakan, isu reshuffle yang sedang menguat belakangan ini usai adanya peleburan dua kementerian dan pembentukan kementerian baru.

“Reshuffle saat ini berkaitan dengan penggabungan Ristek ke Kemendikbud, dan pembentukan kementerian baru. Sehingga tetap ada 34 kementerian,” ujar Andreas kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Mengenai peleburan riset dan teknologi ke dalam Kemendikbud, ia menilai, alangkah baiknya kemudian menbentuk direktorat jenderal (Dirjen) tambahan. Dirjen baru yang nantinya fokus mengurus ristek dan pendidikan.

"Mungkin bisa dibentuk satu dirjen yang khusus mengurus riset pendidikan,” urainya.

Di sisi lain, menurut Politisi PDIP ini sejatinya isu reshuffle di kursi Mendikbud tak ada kaitannya dengan kinerja dari Nadiem Makarim. Sebab dia menilai selama ini Menteri Nadiem menunjukan kinerja dengan memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Mudik Sebelum 6 Mei, Kakorlantas: Silakan Saja, Kita Perlancar

"Bahkan dengan Nadiem sedang mempersiapkan terobosan-terobosan dalam dunia pendidikan dengan merdeka belajar, kampus merdeka dan peningkatan status guru-guru honorer. Saya tidak melihat urgensi dan relevansi untuk mereshuffle Nadiem," tegasnya.

Sebelumya diketahui, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar menyebut Presiden Jokowi bakal melantik Menteri baru. Setidaknya akan ada dua menteri yang disebutkan bakal dilantik oleh Kepala Negara.

"Presiden insya Allah akan melantik menteri baru," kata Ngabalin sebagaimana dalam cuitannya @AliNgabalinNew yang dilihat Indozone, Rabu (14/4/2021). 

Indozone sudah diperbolehkan Ngabalin untuk mengutip cuitannya. Kemudian, terkait siapa saja Menteri yang akan dilantik, Ngabalin pun menyebut ada Menteri Dikbud/Ristek dan Menteri Investasi/Kepala BPKM. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US