The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dukung Perfilman Indonesia, Ketua DPD RI Ini Jadi Cameo di Sinetron Amanah Wali
LaNyalla saat beradu akting di sinetron Amanah Wali. (ANTARA)
News

Dukung Perfilman Indonesia, Ketua DPD RI Ini Jadi Cameo di Sinetron Amanah Wali

Minggu, 09 Mei 2021 16:48 WIB 09 Mei 2021, 16:48 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyatakan siap mendukung dunia perfilman Indonesia. Dukungan tersebut diperlihatkan LaNyalla lewat keterlibatannya di salah satu sinetron Indonesia.

LaNyalla akan muncul sebagai cameo dalam episode 36 sinetron "Amanah Wali" yang diperankan oleh para personel Wali, Apoy, Faank, Tomie dan Ovie. LaNyalla akan beradu akting dengan para musisi tersebut.

“Saya secara khusus menaruh perhatian pada perfilman Indonesia, terutama karena pandemi virus COVID-19, industri film kita menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak,” tutur LaNyalla, Sabtu (8/5/2021).

Menurutnya, pandemi menyebabkan banyak pembatasan di dunia perfilman Tanah Air mulai dari ditutupnya bioskop hingga penghentian produksi perfilman Indonesia di awal pandemi tahun lalu.

Perfilman Indonesia yang mati suri menyebabkan para pekerjanya kehilangan mata pencaharian dan pelaku industri film pun akhirnya banyak yang banting setir.

“Karena 90 persen pendapatan film berasal dari penjualan tiket bioskop. Kemudian juga proses produksi film, termasuk film di TV seperti sinetron, banyak dikerjakan teman-teman yang berstatus pekerja lepas. Ketika produksi berhenti, maka pemasukan mereka pastinya terdampak,” ungkap LaNyalla.

LaNyalla berharap pemerintah lebih memperhatikan nasib pekerja ekonomi kreatif, termasuk di sektor perfilman, baik pekerja film layar lebar, pertelevisian, dokumenter, hingga industri periklanan.

“Dan para pekerja perfilman ini kan bukan cuma yang ada di pusat saja. Banyak juga industri perfilman daerah dengan SDM lokal yang perlu kita selamatkan. Maka DPD RI punya peran karena urusan seni ini kan ada dari Sabang sampai Merauke,” tuturnya.

Dia mengatakan siap mengutus Komite III DPD RI yang membidangi urusan seni budaya serta ekonomi kreatif untuk mengawal peningkatan kesejahteraan para pelaku industri film.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US