Stok Batu Bara Menyusut, India Hadapi Krisis Listrik

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:17 WIB
Pekerja mengebor di tambang batu bara terbuka di distrik Dhanbad di negara bagian Jharkhand, India timur. (REUTERS/Ahmad Masood)
Pekerja mengebor di tambang batu bara terbuka di distrik Dhanbad di negara bagian Jharkhand, India timur. (REUTERS/Ahmad Masood)

India saat ini bergulat dengan krisis listrik karena cadangan batu bara menipis. Batu bara merupakan bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan sekitar 70% listrik negara dan saat ini menyusut ke level terendah.

Dilansir Aljazeera, menurut data terbaru, pembangkit listrik tenaga batu bara memiliki rata-rata stok bahan bakar untuk empat hari, setengah pembangkit sudah siaga untuk pemadaman.

Kesenjangan antara pasokan listrik yang tersedia dan permintaan puncak melebar menjadi lebih dari 4 gigawatt pada hari Senin (4/10/2021).

Baca juga: Sebanyak 20 Provinsi di China Mengalami Krisis Listrik, Pabrik Terpaksa Tutup

Sementara itu, kelangkaan batu bara di China dan krisis listrik di negara itu menjadi perhatian dunia. India nampaknya juga akan menghadapi krisis listrik.

Konsumsi industri dan domestik biasanya mencapai tingkat puncak saat India memasuki musim festival mulai akhir Oktober dan dapat berisiko menghentikan rebound di India.

Untuk mengatasi krisis listrik, kemungkinan India akan jatah pasokan listrik domestik, terutama di daerah pedesaan dan semi-perkotaan, meski ini akan menimbulkan tantangan lain bagi Perdana Menteri Narendra Modi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X