Cek Fakta: Benarkah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Akan Segera Dibuka Kembali?

- Jumat, 1 Mei 2020 | 18:56 WIB
Ka'bah di Masjid Al-Haram, Mekkah (deendotsg/Flickr)
Ka'bah di Masjid Al-Haram, Mekkah (deendotsg/Flickr)

Dalam beberapa hari terakhir beredar kabar bahwa dua masjid besar di Arab Saudi, yakni Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah akan dibuka kembali setelah sebelumnya ditutup karena kebijakan lockdown

Kabar tersebut disampaikan oleh Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci tersebut, yakni Abdul Rahman As-Sudais atau yang lebih dikenal dengan panggilan Sheikh Sudais, melalui akun fanpage Facebook dan Twitter @haramain.info.

Pada unggahan tersebut, dikabarkan bahwa dua masjid suci tersebut akan segera dibuka untuk tawaf dan salat rutin. Seperti diketahui, di kalangan umat muslim, dua masjid besar tersebut dikenal dengan sebutan Haramain untuk memudahkan penyebutannya.

Tak ayal, banyak umat muslim yang kemudian mengapungkan harapan saat mendengar kabar tersebut. Mereka yang niat ibadah haji maupun umrahnya tertunda, langsung mengucap syukur dan bernapas lega.

"Alhamdulillah Aamiin," tulis akun Miriam John.

"Alhamdulillah Syukran Ya Allah," tulis akun Mohd Azroy.

Namun, apakah benar Haramain akan segera dibuka kembali, yang berarti pemerintah Arab Saudi mengecualikan aturan lockdown di dua tempat suci umat Muslim tersebut?

Indozone.id menelusuri bahwa kabar tersebut tidak benar. Fanpage Haramain Info sudah menyampaikan klarifikasi mengenai ketidakbenaran kabar tersebut.

"The message being circulated about the opening date for Haramain for public is completely baseless and false. The suspension of prayers for general public is still in effect. Any update to itu will be posted on our social media platforms."

"(Kabar yang beredar mengenai tanggal pembukaan Haramain untuk umum sama sekali tidak berdasar dan tidak benar. Larangan salat untuk umum masih berlaku. Perkembangan terbaru akan disampaikan melalui akun media sosial kami.)"

Meski demikian, klarifikasi tersebut tidak ditujukan secara khusus untuk pernyataan yang disampaikan oleh Sheikh Sudais. Hal tersebut diunggah melalui Twitter @HaramainInfo.

 
 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X