Heboh 153 WNA China Boleh Masuk Indonesia di Masa Pandemi, Said Didu: Ada Pengecualian

- Senin, 25 Januari 2021 | 19:46 WIB
Kolase foto mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu (ANTARA) dan foto viral 153 WNA asal China.
Kolase foto mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu (ANTARA) dan foto viral 153 WNA asal China.

Sejak beberapa waktu lalu, beredar foto viral yang memperlihatkan sejumlah Warga Negara Asing (WNA) asal China berada di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (23/1/2021). 

Konon, terdapat 153 WNA China masuk ke Indonesia melalui Bandara tersebut. Belakangan, kabar itu dibenarkan Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh.

Masuknya ratusan WNA asal China di masa pandemi mendapat komentar dari mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu.

Menurutnya, WNA asal China memang sering mendapat pengecualian sejak lima tahun lalu.

Hal itu dicuitkan Said melalui akun media sosial Twitter @msaid_didu, Senin (25/1/2021).

"Uhuiii - sejak 5 tahun lalu, masuknya TKA China selalu ada pengecualian. Saat WNI harus di rumah pun - mereka tetap diberikan pengecualian," cuitnya.

Sebelumnya, beredar foto viral bahwa 153 WNA asal China mendarat di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (23/1/2021).

Kabar itu dibenarkan oleh Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh. Menurut Nursaleh, kedatangan mereka tidak menyalahi aturan.

Sebab, seluruh warga asing tersebut masuk dalam kategori WNA yang diizinkan masuk ke Wilayah Indonesia berdasarkan SE Dirjen Imigrasi tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia dalam masa pandemi COVID-19.

Menurutnya, 150 orang di antara mereka memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP). Sementara tiga lainnya memiliki visa diplomatik.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X