Sindir Bencana Banjir DKI Jakarta, Megawati: Itu Terjadi Karena Perbuatan Kita Sendiri

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 17:10 WIB
Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Antara)
Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Antara)

Mengomentari soal bencana banjir yang terjadi di banyak wilayah di Indonesia termasuk di DKI Jakarta, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengajak mewujudkan politik hijau yang mencintai dan melestarikan lingkungan.

"Sekarang makin banyak mata air yang tadinya ada jadi mengering. Masyarakat mengeluh dengan kurangnya air. Sebenarnya itu terjadi karena perbuatan kita sendiri," kata Megawati dalam diskusi virtual bertajuk Politik Hijau PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

Acara itu dalam rangka melaksanakan program gerakan penghijauan dan bersih-bersih daerah aliran sungai (DAS) gelombang kedua di seluruh Indonesia. 

Para aktivis lingkungan, generasi muda penemu alat penghijauan, hingga petinggi dan kepala daerah dari PDI Perjuangan mengikuti diskusi interaktif itu.

Megawati menyebutkan dirinya selalu meminta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk mengajak setiap orang bicara mengenai masalah lingkungan, khususnya berbincang masalah betapa pentingnya air dan kehidupan.

Dia mengatakan sudah melihat bahwa soal lingkungan bukanlah hal sepele. Sejak menjabat wakil presiden RI, dirinya sudah berkomitmen memelihara kebun raya.

Sebab satu hal yang diyakini oleh Megawati yakni kehidupan manusia akan senada dengan alam sekitarnya.

Megawati diajari prinsip 'aku adalah kamu, kamu adalah aku' oleh Bung Karno, yang sangat penting di dalam mengatur hubungan antar sesama, serta tanggung jawab manusia terhadap lingkungan.

Dalam konteks itu, Megawati mengatakan para kader PDIP harus memahami kehidupan partai politik bukan sekedar politik praktis semata.

Sebaliknya, politik sebaiknya dilihat sebagai sebuah alat perjuangan bagi mencapai kehidupan yang dicita-citakan.

Di PDIP, katanya cita-citanya adalah mewujudkan dan menegakkan nilai Pancasila dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Dalam konteks lingkungan, kesejahteraan rakyat itu termasuk bagaimana lingkungan yang sehat dan lestari benar-benar terjadi.

"Pilihlah sungai di setiap daerahmu, hijaukan sungai itu dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan," kata Megawati.

Megawati mengatakan dirinya sangat berharap, semua pihak bisa saling bersama dan saling membantu agar Indonesia mempunyai lebih banyak kebun raya.

"Sebuah kebun raya yang dibuat oleh Indonesia yang luasnya itu memang sangat bisa mengagumkan," kata Megawati.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X