Pulang Menghadiri Pesta Ulang Tahun, Puluhan Anak Keracunan, 5 Orang Masih Dirawat di RS

- Minggu, 28 Februari 2021 | 21:28 WIB
Petugas IGD RSMM Timika memberikan pertolongan medis kepada puluhan anak-anak dan orang dewasa yang mengalami keracunan makanan. (Antara)
Petugas IGD RSMM Timika memberikan pertolongan medis kepada puluhan anak-anak dan orang dewasa yang mengalami keracunan makanan. (Antara)

Sejumlah anak mengalami keracunan setelah menikmati makanan saat pesta ulang tahun di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2), Timika, Papua.

Hingga saat ini kelima anak tersebut masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

Dilansir Antara, Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata menyebut identitas lima anak yang masih dirawat di RSMM Timika itu terdiri atas Gilbert, Wismawati, Muhamad Bilal, Ignasius, dan Fabianus.

"Masih ada lima orang yang dirawat di RSMM, sedangkan yang lainnya sudah pulang," kata Era Adhinata, Minggu (28/2/2021).

Kelima anak itu bersama puluhan rekan-rekan seusia mereka, bahkan beberapa di antaranya orang dewasa diketahui menghadiri acara ulang tahun salah satu rekan mereka di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2) pada Sabtu (27/2/2021) malam.

Susanti Rumbo, salah satu orang tua korban yang dua orang anaknya mengalami keracunan mengatakan pesta ulang tahun dimulai pukul 14.00 WIT hingga pukul 16.00 WIT.

Saat acara pesta ulang tahun berlangsung, tuan rumah menyediakan hidangan berupa nasi kuning.

Susanti menuturkan, setelah pulang dari acara tersebut anak-anaknya mengalami gejala sakit kepala dan muntah-muntah. Menyadari hal itu, Susanti membawa kedua anaknya ke klinik kesehatan terdekat.

"Kata orang klinik itu, anak saya keracunan, dan disuruh pergi ke IGD RSMM," ucap Susanti.

Ternyata kondisi serupa juga dialami oleh anak-anak lainnya yang ikut menghadiri pesta ulang tahun di rumah keluarga yang beralamat di Jalur 2, Jalan Rambutan, Kelurahan Timika Jaya (SP2) itu.

"Sampai di rumah sakit, ternyata satu per satu orang tua dan anak yang ikut kegiatan ultah itu datang ke IGD juga," kata Susanti.

Kapolres Mimika Era Adhinata mengatakan menu ulang tahun yang disediakan oleh tuan rumah berupa nasi kuning, lauk, telur dan mi dimasak sendiri oleh tuan rumah.

"Kami sudah mengambil sampel darah dari beberapa korban untuk diperiksa apa penyebab dari keracunan massal itu," kata Era Adhinata.

Tak hanya di RSMM, sebagian korban dibawa berobat ke RS Chandra dan Klinik Petrosea.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X