Pengunjung Tempat Wisata Membludak, Ini Respons Pemerintah

- Sabtu, 15 Mei 2021 | 15:08 WIB
Petugas memberikan imbauan kepada warga yang akan berwisata ke Ancol untuk kembali pulang, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Petugas memberikan imbauan kepada warga yang akan berwisata ke Ancol untuk kembali pulang, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menanggapi tempat wisata yang penuh saat libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Airlangga menyebutkan bahwa pemerintah telah mewajibkan setiap tempat wisata yang dibuka selama libur Lebaran untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Hal tersebut disampaikan Airlangga dalam sebuah diskusi daring yang digelar dan disiarkan langsung melalui Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Jadi sebetulnya pemerintah sudah jelas mengatur, dalam PPKM mikro bahwa tempat-tempat publik itu diwajibkan untuk mengikuti prokes," ucapnya, Sabtu (15/5/2021).

Maka dari itu, ia menilai seharusnya tempat wisata tersebut membuka dengan menerapkan aturan kapasitas maksimun 50 persen, dan bentuk pengaturannya diatur oleh pemerintah daerah masing-masing.

"Ini yang pengaturan teknis dari masing-masing Pemda bisa mengatur namun catatan dari seluruh regulasi yang dibuat dalam PPKM mikro adalah menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," terang Airlangga.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Sebut Ada 1,5 Juta Warga Berhasil Lolos Mudik

Seperti diketahui, sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta dibuka dan diserbu oleh pengunjung yang merupakan warga DKI, salah satunya adalah Taman Impian Jaya Ancol.

Namun, setelah menerima kunjungan yang membludak, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali melakukan evaluasi kegiatan di kawasan rekreasi Ancol dengan menutupnya secara sementara pada hari ini, Sabtu (15/5/2021).

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X