Sebanyak 1 Juta Orang Tinggalkan Jakarta Sebelum Larangan Mudik Berlaku

- Jumat, 14 Mei 2021 | 14:46 WIB
Pemudik sepeda motor. (photo/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)
Pemudik sepeda motor. (photo/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Polda Metro Jaya mencatat sekitar satu juta warga tinggalkan DKI Jakarta sebelum larangan mudik berlaku. Seperti diketahui, pemerintah menerapkan kebijakan larangan mudik jelang Idul Fitri dari 6-17 Mei 2021.

"Ada sekitar 1 juta orang yang berdasarkan data perlintasan melalui gerbang tol dan bandara, serta stasiun kereta api yang keluar. Termasuk tambahan yang menggunakan kendaraan roda dua yang melewati Kedungwaringin menuju Jawa," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Berdasarkan data yang ada, Fadil mengatakan ada 700 ribu kendaraan yang keluar dari Jakarta di gerbang tol Cikupa dan Cikarang Barat sebelum larangan mudik. Di waktu yang sama, sebanyak 300 ribu orang pergi dari Jakarta via kereta api dan udara.

Selain itu, Fadil juga menerangkan selama periode larangan mudik sejak 6 Mei lalu, ada 200 ribu orang yang masih nekat mudik.

"Ada sekitar 100-200 ribu masyarakat yang tetap nekad untuk pulang. Walaupun juga secara efektifitas penyekatan baik karena mampu mengurangi 50 persen jumlah arus yang keluar dari DKI Jakarta," ungkap Fadil.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X