Puan Minta Petugas Tegas tapi Humanis Hadapi Masyarakat yang Nekat Mudik Lebaran

- Rabu, 5 Mei 2021 | 16:45 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengikuti rakor kesiapan Posko Pengendalian Transportasi pada masa Idul Fitri 1442 H, di Mapolresta Cirebon. (Dokumen DPR)
Ketua DPR RI Puan Maharani mengikuti rakor kesiapan Posko Pengendalian Transportasi pada masa Idul Fitri 1442 H, di Mapolresta Cirebon. (Dokumen DPR)

Ketua DPR Puan Maharani meminta petugas di lapangan bekerja tegas tapi humanis saat menghadapi warga yang nekat mudik di masa pelarangan mudik Lebaran tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Puan dalam rakor kesiapan Posko Pengendalian Transportasi pada masa Idul Fitri 1442 H, di Mapolresta Cirebon, Rabu (5/5/2021).

“Situasi dan dinamika di lapangan kita berhadapan dengan orang yang ngotot mau pulang. Bagaimana menerapkan di lapangan, tetap disiplin dan humanis, bisa menguatkan keengganan masyarakat untuk mudik,” kata Puan dalam keterangannya.

Dia menekankan pentingnya koordinasi secara baik dalam menghasilkan persepsi ihwal pelarangan mudik lebaran. Politisi PDI Perjuangan itu menyatakan akan terus mengawasi pelaksanaan aturan pelarangan mudik tahun ini.

Baca Juga: Ingatkan Pemudik, Ridwan Kamil Bahas Soal Lansia yang Tertular COVID-19 dari Anaknya

“Petugas di lapangan harus fleksibel. Misalnya kalau ada rombongan 50 orang pengendara motor yang solidaritasnya tinggi bagaimana? Itu pentingnya memberi pemahaman,” tegas dia.

“Harus sopan, santun, tapi tegas. Di H-1, H-2 Lebaran, semuanya mau ketemu keluarga. Jadi perlu sinergi dan gotong royong dalam rentang waktu peniadaan mudik,” imbuh Puan.

Rakor yang digelar di Mapolresta Cirebon itu dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono beserta jajaran.

Adapun Operasi Ketupat untuk peniadaan mudik akan dilakukan pada 6-17 Mei 2021, dengan titik penyekatan dari Lampung sampai Denpasar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X