The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Isu Reshuffle Mencuat, Apakah Moeldoko Akan Diganti?
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
News

Isu Reshuffle Mencuat, Apakah Moeldoko Akan Diganti?

Ini analisanya.

Senin, 19 April 2021 09:44 WIB 19 April 2021, 09:44 WIB

INDOZONE.ID - Isu kocok ulang atau reshuffle di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mencuat setelah peleburan dua Kementerian dan pembentukan Kementerian Investasi.

Lalu apakah Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko akan direshuffle usai tersangkut kasus kudeta Partai Demokrat?

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, seharusnya Moeldoko direshuffle oleh Presiden Jokowi. Namun hingga kini dia melihat peluang pergantian terhadap Moeldoko belum ada.

“Mestinya direshuffle. Tapi kelihatannya tidak,” kata Ujang saat dihubungi Indozone, Senin (19/4/2021).

Adapun menurut Ujang alasan Presiden Jokowi belum mengganti Moeldoko karena jasanya selama ini. Meskipun sempat terseret kasus kudeta Partai Demokrat.

Baca Juga: Flyover Cakung Diuji Coba Hari Ini, Anies Larang Pengendara Foto-Foto

“Karena jasanya juga ada pada Jokowi. Dulu ketika diangkat jadi KSP itu kan tuk membentengi Jokowi juga dari lawan-lawan pllitiknya dari purn jenderal-jendral,” tuturnya.

Diketahui dalam rapat Paripurna, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui digabungkannya Kementerian Riset dan Tekonologi (Kemenristek) bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemudian pemerintah bakal membentuk Kementerian Investasi. 

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco menjelaslan, keputusan  persetujuan terhadap rencana pemerintah menggabungkan Kemenristek ke Kemendikbud dan membentuk Kementerian Investasi usai setelah DPR menerima Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian. 

Setelah itu, kata Dasco, kemudian pihaknya melakukan rapat konsultasi pengganti rapat Bamus pada Kamis 8 April 2021 lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US