Dihadapan Komisi III DPR, Listyo Sigit Beberkan Soal Transformasi Polri yang Presisi

- Rabu, 20 Januari 2021 | 12:09 WIB
Fit and Proper Test calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok Sekjen DPR)
Fit and Proper Test calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok Sekjen DPR)

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo turut memaparkan visi dan misinya jika terpilih menjadi Kapolri. Di mana, dia ingin membawa transformasi Polri menuju yang PRESISI (Prediktif-Responsibilitas-Transparasi berkeadilan).

“Transformasi Polri akan saya lakukan dengan transformasi menuju Polri yang prediktif, Responsibilitas dan transparansi berkeadilan yang kami perkenalkan dengan konsep Polri yang Presisi,” kata Listyo di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Kabareskrim ini menyebut, niat pemikiran dan operasional dari Polri yang Presisi ini diharapkan dapat menjadi kekuatan dalam mewujudkan harapan masyarakat terhadap Korps Bhayangkara.

Baca Juga: Belasan Saksi Sudah Diperiksa Terkait Kasus Kerumunan yang Dihadiri Raffi Ahmad

Lebih lanjut, menurut Listyo, dalam kepemimpinan Polri Presisi bakal ditekankan pentingnya kemampuan pendekatan yang pemolisian prediktif (predictive policing) dan mengedepankan pendekatan disertai responsibiltas dan transparansi berkeadilan.

“Konsep prediktif ini diimplementasikan dalam kepolisian prediktif atau predictive policing yang mengedepankan kemampuan untuk memprediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu. Dan permasalahan yang menjadi potensi gangguan kamtibnas melalui prediksi yang didasari analis fakta, data dan informasi yg tentunya didukung dengan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi,” tutur dia.

“Sehingga tindakan kepolisian akan lebih tepat dan mampu menyelesaikan permasalahan secara tuntas,” sambungnya.

-
Fit and Proper Test calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok Sekjen DPR)

Sementara responsibilitas, dimaknai sebagai rasa tanggungjawab yang ditunjukan dalam ucapan, sikap, perilaku dan responsif dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri.

“Yang secara keseluruhan ditujukan utk menjamin kepentingan dan harapan masyarakat dalam menciptakan keamanan,” tutur dia.

Selain itu, terkait transparansi berkadilan tentunya bakal merupakan realisasi dari prinsip atau sistem yang humanis dari Polri kepada masyarakat.

“Sehingga pelaksanaan tugas-tugas kepolisian akan dapat menjamin rasa keamanan dan rasa keadilan masyarakat,” tandasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X