Dugaan Amien Rais Soal Adanya Skenario Presiden Jokowi Bisa Terpilih Tiga Periode

- Minggu, 14 Maret 2021 | 11:41 WIB
Politikus senior, Amien Rais. (photo/Instagram/@amienraisofficial)
Politikus senior, Amien Rais. (photo/Instagram/@amienraisofficial)

Mantan Ketua MPR yang juga politikus senior, Amien Rais menduga adanya skenario membuat aturan hukum agar Presiden Jokowi bisa terpilih sebanyak tiga periode. Menurut Amien, hal itu akan sangat berbahaya apabila benar-benar terwujud.

"Tentu hal ini sangat berbahaya. Jadi sekarang sudah ada semacam publik oponi yang mula-mula samar-samar, tapi sekarang makin jelas ke arah mana rezim Jokowi ini untuk melihat masa depannya," kata Amien seperti dilihat INDOZONEdalam akun Youtubenya, Minggu (14/3/21).

Dalam kesempatan itu, Amien Rais menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan aturan hukum tersebut. Pertama, akan dilakukan sidang istimewa MPR untuk merevisi beberapa pasal. Setelahnya akan ditawarkan pasal baru mengenai seseorang bisa dipilih menjadi presiden selama tiga periode.

"Kemudian nanti akan ditawarkan pasal baru yang kemudian memberikan hak bahwa Presiden itu bisa dipilih tiga kali," ungkapnya.

"Kalau ini betul-betul keinginan mereka maka saya kira kita sudah segera bisa mengatakan inalilihi wainilailahirojiun," tambahnya.

Untuk itu, Amien menegaskan bahwa skenario tersebut jangan sampai terjadi. Menurutnya, hal itu bisa menghancurkan demokrasi dan juga negara. Amien meminta agar para anggota DPR, MPR, DPD dan lembaga tinggi negara lainnya untuk tidak membiarkan skenario itu terjadi.

"Saya meminta saudara-saudara sekalian para anggota DPR, MPR, DPD, lembaga-lembaga tiggi negara yang lain akankah kita biarkan ploting rezim sekarang ini akan memaksa masuknya pasal supaya bisa dipilih ketiga kalinya itu?" ungkapnya.

Lebih lanjut, Amien meminta maaf apabila dugaan tersebut tidak benar. Meski begitu, ia berharap semua pihak untuk tetap waspada agar tak terjadi pembungkaman demokrasi.

"Kita akan menekan, bukan people power turun ke jalan itu sudah kuno. Tapi bagaimana kita itu bisa menunjukkan dengan apa dengan posisi yang betul-betul solid bahwa rezim sesungguhnya sedang mengarah kepada penguburan demorkasi kita," tegas Amien.

 

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X