PKS Nilai Jika Jalur Sepeda Dihilangkan Adalah Sebuah Kemunduran

- Jumat, 18 Juni 2021 | 17:17 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sepakat dengan ide untuk membongkar jalur permanen sepeda di jalan protokol Sudirman-Thamrin.(Istimewa).
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sepakat dengan ide untuk membongkar jalur permanen sepeda di jalan protokol Sudirman-Thamrin.(Istimewa).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai jika jalur sepeda dihilangkan membuktikan adanya sebuah kemunduran. Hal tersebut dikatakan Mardani usai adanya usul penghilangan jalur sepeda oleh beberapa anggota Komisi III DPR dan disetujui oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

"Jika jalur sepeda dihilangkan, jelas suatu kemunduran," kata Mardani, Jumat (18/6/2021).

Menurut Anggota Komisi II DPR itu, sejatinya masyarakat bisa diberikan edukasi terkait penggunaan sepeda untuk menerapkan gaya hidup sehat. Di samping itu, penggunaan sepeda bisa mengurangi polusi udara di Jakarta yang sekarang sudah mengkhawatirkan. Ditambah lagi diharapkan sepeda bisa mengurai kemacetan di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Thamrin-Sudirman saja tetap macet di saat Covid-19. Ada aspek keselamatan juga yang tidak boleh dilupakan," jelas Mardani.

Sebelumnya diketahui, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni berharap agar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat melakukan evaluasi dan mengkaji ulang keberadaan jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin.

Baca Juga: Polri Tangkap 27 Orang Tersangka Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok

“Mohon kiranya Pak Kapolri evaluasi jalur permanen sepeda yang sudah ada di Sudirman-Thamrin. Jangan sampai ada isu tentang diskriminasi baik sepeda roadbike dan sepeda seli,” kata Sahroni saat rapat dengan Kapolri, Rabu (16/6/2021).

Kemudian Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespon masukan dua legislator di Komisi III DPR RI perihal jalur sepeda. Dimana dia sepakat jika jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin tersebut dibongkar namun terlebih dahulu mencari formula yang tepat.

“Prinsipnya terkait dengan jalur sepeda, kami akan terus mencari formula yang pas. Kami setuju masalah yang permanen itu dibongkar saja,” kata Listyo dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Rabu (16/6/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X