Terjadi Kudeta di Guinea, Tentara Tangkap Presiden Alpha Conde

- Senin, 6 September 2021 | 09:13 WIB
Terjadi kudeta di Guinea. (REUTERS/Souleymane Camara/SOCIAL MEDIA)
Terjadi kudeta di Guinea. (REUTERS/Souleymane Camara/SOCIAL MEDIA)

Angkatan bersenjata telah melakukan kudeta terhadap pemerintahan Guinea. Tak hanya itu saja, presiden Guinea Alpha Conde juga ditangkap.

Berdasarkan rekaman yang belum diverifikasi menunjukkan tentara menahan Presiden Alpha Conde, sementara pemberontak menyatakan mereka telah menangkap Alpha Conde dan membubarkan pemerintahannya.

Namun situasinya tetap tidak jelas karena menteri pertahanan Conde sebelumnya mengatakan bahwa serangan terhadap istana presiden telah ditolak.

Menurut laporan media lokal, penyerang digambarkan sebagai unit pasukan khusus elit yang dipimpin oleh mantan legiuner Prancis, Kolonel Mamady Doumbouya.

Baca juga: Before-After Kudeta Taliban di Afghanistan, Pakaian Reporter Televisi Ini Berubah Drastis

"Setelah mengambil Presiden, kami telah memutuskan untuk secara efektif membubarkan konstitusi, membubarkan pemerintah dan menutup semua perbatasan darat dan udara," sebuah pernyataan yang disiarkan di TV lokal, dikutip Metro.

Conde yang telah memerintah selama 11 tahun, memenangkan masa jabatan ketiga yang kontroversial di tengah protes kekerasan setelah mengubah konstitusi untuk memungkinkan dia menjabat kembali.

Kolonel Doumbouya menuduh pemerintahnya mengeksploitasi sistem peradilan, menginjak-injak hak warga negara dan mengawasi kemiskinan endemik.

-
Presiden Guinea. (REUTERS/SOCIAL MEDIA)

Tembakan senjata berat terdengar sepanjang hari di lingkungan Kaloum di ibu kota Conakry.

Kaloum, yang terletak di semenanjung kecil di ujung tepi pantai kota, adalah rumah bagi sebagian besar gedung kementerian pemerintah dan istana presiden.

Satu-satunya jembatan yang menghubungkan semenanjung ke daratan telah ditutup dan banyak tentara bersenjata lengkap ditempatkan di sekitar istana presiden, kata seorang sumber militer kepada Reuters.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X