Pemuda Tewas Pasca Disuntik AstraZeneca, Ini Permintaan Ketua MPR kepada Komnas KIPI 

- Selasa, 11 Mei 2021 | 17:43 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Istimewa)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Istimewa)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menanggapi adanya seorang pemuda bernama Trio Fauqi Virdaus kemudian meninggal dunia pasca menerima vaksin Covid-19 berjenis AstraZeneca. Dia meminta perlunya investigasi mendalam pasca adanya kejadian tersebut.

" Meminta Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI) untuk segera melakukan investigasi mendalam mengenai meninggalnya seorang pemuda tersebut, dengan menganalisis apakah benar kematian pemuda tersebut dikarenakan ekses dari setelah dilakukannya vaksinasi Astrazeneca," ujar Bambang kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Agar menjaga kepercayaan masyarakat terhadap program vaksinasi ini, maka menurut Bamsoet baik pemerintah dan Komnas KIPI memberikan respon khusus serta respon cepat ihwal deteksi dan pelaporan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) Covid-19.

 "Guna menjaga kepercayaan masyarakat terhadap program vaksinasi, sekaligus membuktikan vaksin yang diberikan aman untuk kesehatan masyarakat," urainya.

Baca Juga: Bejat! Ayah di Papua Barat Ini Perkosa Putrinya yang Masih 2 Tahun, 4 Kali Hingga Berdarah

Di sisi lain, dia juga meminta pemerintah dan Komnas KIPI untuk memberikan imbauan kepada masyarakat jika mengalami gejala efek samping pasca disuntik vaksin tersebut.

"Dengan begitu, Komnas Pengkajian dan Penanggulangan KIPI (Komnas PP KIPI) melalui petugas puskesmas atau rumah sakit terdekat dapat segera menindaklanjuti laporan dengan melakukan penanganan (pengobatan dan perawatan) secara maksimal," jelas Bamsoet.

Lebih jauh, mantan Ketua DPR RI Ini meminta untuk masyarakat tetap tenang serta tidak berspekulasi mengenai vaksin AstraZeneca hingga ada penjelasan dari Komnas KIPI.

"Serta MPR berharap program vaksinasi dan upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dapat berjalan lancar dan aman serta mendapat dukungan luas dari masyarakat," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X