Kemacetan di Jakarta Alami Kenaikan, Pemprov DKI akan Terapkan Ganjil Genap Lagi?

- Rabu, 28 April 2021 | 13:17 WIB
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020). (INDOZONE)
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (8/6/2020). (INDOZONE)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mencatat adanya tingkat kelonjakan kemacetan di ibu kota selama bulan suci Ramadan jika dibandingkan dengan bulan Maret 2021.

"Lonjakan traffic dibandingkan masa Maret-April ini lonjakan kecil satu hingga dua persen," ucap Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo, Rabu (28/4/2021).

Kepadatan kendaraan di lalu lintas tersebut menurut Syafrin dikarenakan para pekerja cenderung berangkat dan pulang kerja dalam waktu bersamaan, yakni pergi pada pukul 07.00 WIB.

"Sore hari juga terjadi kepadatan karena begitu bubar jam 3, seluruhnya segera pulang dan kemudian buka puasa di rumah," terangnya.

Meskipun volume kendaraan di jalanan mengalami kelonjakan hingga menimbulkan kemacetan, namun Syafrin menyebut Pemprov DKI dan jajaran kepolisian belum berencana memberlakukan pembatasan kendaraan dengan mekanisme ganjil genap.

BACA JUGA: Polisi Bongkar Kasus Layanan Antigen Pakai Alat Bekas di Bandara Kualanamu

Menurutnya, kebijakan ganjil genap belum juga diterapkan bertujuan agar masyarakat bisa memilih lebih banyak moda transportasi di tengah pandemi yang belum juga berakhir.

"Oleh sebab itu ganjil genap belum dioperasikan. Tapi, kami terus lakukan pemantauan," tandas Syafrin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X