The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Penyebaran Covid-19, India Berencana Memvaksinasi 8 Juta Orang dalam Sehari
Ilustrasi suntikan vaksin Covid-19. (REUTERS/Dinuka Liyanawatte)
News

Cegah Penyebaran Covid-19, India Berencana Memvaksinasi 8 Juta Orang dalam Sehari

Selasa, 22 Juni 2021 09:24 WIB 22 Juni 2021, 09:24 WIB

INDOZONE.ID - India meluncurkan upaya baru untuk memerangi Covid-19 dengan memvaksin delapan juta orang hanya dalam satu hari.

Dorongan itu merupakan bagian dari kampanye agar semua orang dewasa divaksin secara gratis di tengah klaim peluncuran yang kacau telah memperburuk gelombang kedua yang menelan ratusan ribu nyawa.

India dengan populasi 1,3 miliar merupakan salah satu pembuat vaksin terbesar di dunia tapi kecepatan untuk memberikan vaksin kepada warganya sangat lambat.

Sejauh ini hanya divaksinasi penuh lebih dari lima persen dari total populasi yang memenuhi syarat dan hingga saat ini hampir 30 juta orang telah terkena Covid-19 di negara itu.

PM India Narendra Modi telah berjanji pemerintahnya akan membeli 75 persen dari semua vaksin dari pembuat obat dan mendistribusikannya secara gratis ke negara bagian.

Namun, sisa 22 persen vaksin masih disisihkan untuk pengadaan oleh rumah sakit swasta, dikutip dari BBC.

Vaksinasi ini tidak gratis dan harus dibayar.

Pemerintah federal telah menetapkan harga untuk tiga vaksin yang disetujui pada Rp 150 ribu untuk Covishield, Rp 222 ribu untuk Sputnik V, dan Rp 274 ribu Rp 274 ribu untuk Covaxin.

Rekor India sebelumnya dari 4,5 juta dosis terjadi pada 5 April, diikuti oleh penurunan tajam dengan rata-rata inokulasi harian turun di bawah tiga juta.

"Angka vaksinasi yang memecahkan rekor hari ini menggembirakan. Vaksin tetap menjadi senjata terkuat kami untuk melawan COVID-19," tulis Modi dalam sebuah tweet, saat ia berterima kasih kepada para pekerja garis depan yang memungkinkan warga untuk divaksinasi.

Para ahli mengatakan bahwa India perlu memberikan 10 juta dosis vaksin sehari untuk mencapai tujuannya menginokulasi 950 juta orang dewasa pada bulan Desember.

"Jika pasokan tetap konsisten, kami akan berada di jalur untuk menyuntik sebagian besar populasi kami pada akhir tahun," DN Patil, seorang pejabat kesehatan senior di negara bagian Maharashtra terkaya di negara itu, mengatakan kepada Reuters.

Awal bulan ini, pemerintah mengatakan India dapat memiliki sebanyak 10 juta dosis vaksin COVID-19 yang tersedia per hari pada bulan Juli dan Agustus.

Penasihat pemerintah Vinod Kumar Paul mengatakan pada hari Senin bahwa memberikan 10 juta vaksin per hari bukanlah 'tujuan yang ditetapkan'.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US