Mabes Polri Petakan Daerah Rawan Pilkada, Sulteng Hingga Papua Masuk Daftar

- Jumat, 4 Desember 2020 | 16:33 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Mabes Polri menyebut pihaknya sudah memiliki indeks atau daerah-daerah kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang berpotensi ricuh. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang masuk dalam indeks itu salah satunya Sulawesi Tengah hingga Papua.

"Ada indeks kerawanan Pilkada yang dibuat oleh intelijen semuanya sudah kita berikan kepada Polda dan Polres," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi, Jumat (4/12/2020).

Daerah yang masuk dalam indeks itu disebut Argo dilihat dari beberapa hal. Salah satu hal yang dilihat yaitu letak geografis dari wilayah tersebut.

"Misalnya indikator pertama letak geografis itu berpengaruh karena tidak semua daerah sama wilayahnya, ada perairan, ada pegunungan dan itu juga tidak mudah kita jangkau. Misalnya untuk pendistribusian logistik Pemilu, ada yang gunakan pesawat, ada yang jadwalnya pun tidak setiap hari ada untuk menuju ke sana daerah tertentu itu," beber Argo.

BACA JUGA: Polda Metro Sidak Bar di Jakarta, Pelanggar Prokes Ditemukan

Selain itu, ada pula wilayah-wilayah yang masuk indeks lantaran wilayah tersebut memiliki konflik. Polisi juga melihat history konflik dari wilayah-wilayah yang menjadi perhatikan mereka.

"Ada beberapa misalnya di Papua di situ kan selain geografis, ada konfliknya, daerah Sulteng juga ada beberapa yang perlu kita perhatikan," pungkas Argo.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X