Misteri Lubang Hitam Monster, Ilmuwan Ungkap Fakta Mengejutkan Ini

- Senin, 16 Desember 2019 | 10:53 WIB
Ilustrasi/Wikimedia Commons
Ilustrasi/Wikimedia Commons

Sebelumnya, publik sempat dihebohkan dengan temuan 'monster' lubang hitam yang memiliki massa sekitar 70 kali massa Matahari. Belum lama ini, ilmuwan yang telah melakukan riset mengungkapkan fakta terbaru soal lubang hitam tersebut.

-
Dok. NASA

Riset yang dilakukan tiga orang ilmuwan itu mengungakpkan bahwa monster lubang hitam itu tidak sebesar yang diperkirakan sebelumnya.

Peneliti tersebut mengatakan, seperti itulah perkembangan sains, selalu mengoreksi temuan sebelumnya.

Lubang misterius yang dinamakan LB-1 di galaksi Bima Sakti itu sendiri ditemukan oleh ilmuwan pada November lalu. Temuan itu disebut langka karena ukurannya yang sangat besar.

"Lubang hitam sebesar itu seharusnya tidak ada di galaksi kita jika melihat model evolusi bintang terkini. LB-1 dua kali lebih masif dari yang kami mungkin prediksi. Kini para ahli teori ini pun ditantang untuk menjelaskan formasi misterius ini," ujar astronom Jifeng Liu dari National Astronomical Observatory of China.

Namun, setelah dikaji ulang, temuan tersebut nyatanya tak sebesar yang diperkirakan. Meski demikian, hingga saat ini, LB-1 di galaksi Bima Sakti masih misterius.

-
Ilustrasi/Dok. NASA

Hal itu dikarenakan lubang hitam ini 'tidak berinteraksi' atau tidak mengeluarkan gas dari bintangnya, sehingga tak bisa ditemukan melalui emisi yang bersinar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X