Dubes Arab Saudi Bantah Indonesia Tidak Dapat Kuota Haji, Kirim Surat ke Puan, Ini Isinya

- Jumat, 4 Juni 2021 | 14:48 WIB
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia (ANTARA/Fransiska Ninditya)
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi membantah bahwa Indonesia tidak mendapat jatah untuk ibadah haji 2021.

Essam pun mengirimkan surat ke Ketua DPR RI, Puan Maharani, pada Kamis (3/6/2021) untuk mengklarifikasi hal ini. Essam menegaskan otoritas Arab Saudi belum mengeluarkan instruksi mengenai pelaksanaan haji untuk jemaah seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Dalam kaitan ini saya ingin memberitahu kepada Yang Mulia (Ketua DPR RI) bahwa berita-berita tersebut tidaklah benar dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi," kata Dubes Essam dalam suratnya, dikutip Jumat (4/6/2021).

Dubes Essam berharap agar informasi mengenai haji dikomunikasikan dulu dengan kedutaan atau otoritas resmi demi informasi akurat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa Indonesia tidak mendapat kuota haji di tahun 2021 ini, karena Indonesia masih melakukan proses vaksinasi Covid-19.

Begitu juga dengan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily yang mengatakan hanya 11 negara yang mendapat kuota haji 2021 dari Arab Saudi, dan Indonesia tidak termasuk.

Pemerintah melalui Menag Yaqut Cholil Qoumas kemudian mengumumkan bahwa Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji di tahun 2021 ini.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," kata Menag Yaqut, Kamis (3/6).

Berikut isi lengkap surat Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi untuk Ketua DPR RI Puan Maharani.

SANGAT SEGARA

Yang Mulia
HE/Dr. (HC) Puan Maharani. S.I.Kom
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI

Assamalu'alaikum Wr.Wb

Bersama ini saya ingin memberitahukan kepada Yang Mulia bahwa merujuk pada pemberitaan yang beredar yang telah disampaikan oleh sejumlah media massa serta media sosial di Republik Indonesia yang menukil pernyataan HE/Dr.Ir.Sufmi Dasco Ahmad.Sh.H., MH., Wakil Ketua DPR-RI yang menyatakan telah memperoleh informasi bahwa Indonesia tidak memperoleh kuota haji pada tahun ini, juga pernyataan HE/DR.H. Ace Hasan Syadzily,. M.Si., Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang menyebutkan adanya (11) negara yang yang telah memperoleh kuota haji dari Kerajaan Arab Saudi pada tahun ini dan Indonesia tidak termasuk dari negara-negara tersebut.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X