The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta 2 Ormas Bentrok di Batas Cianjur-Sukabumi, Markas Dibakar, 1 Orang Tewas Mengenaskan
Suasana saat bentrokan PP versus BPPKB Banten terjadi. (ist)
News

Fakta 2 Ormas Bentrok di Batas Cianjur-Sukabumi, Markas Dibakar, 1 Orang Tewas Mengenaskan

Minggu, 26 September 2021 22:29 WIB 26 September 2021, 22:29 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah fakta mengenai bentrokan antara dua ormas, yakni ormas Pemuda Pancasila (PP) dengan ormas Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten di perbatasan Cianjur-Sukabumi pada Minggu sore (26/9/2021), diungkap oleh Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan.

Menurut Doni, satu orang dari ormas PP tewas dengan luka mengenaskan dalam bentrokan tersebut. Sedangkan satu orang lainnya yang merupakan anggota ormas BPPKB Banten terluka parah.

"Korban meninggal dunia satu orang dari ormas PP, dan yang luka-luka dari BPPKB," ujar Doni kepada wartawan.

Menurut Doni, bentrokan kali ini diduga merupakan buntut dari bentrokan sebelumnya yang terjadi di Sumedang.

"Di sini sebenarnya tidak ada konflik yang terjadi, tapi ini adalah imbas dari kejadian yang di Sumedang. 20 orang dari PP Sukabumi dengan BPPKB di Cianjur. Saat ini sudah kita lakukan olah TKP karena ada penyerangan dengan menggunakan senjata tajam," jelas Doni.

Yang mengerikan, masing-masing kelompok ormas tersebut menggunakan senjata tajam saat bentrok.

Ormas PP bersama Kapolsek Sukalarang, Sukabumi usai bentrokan. (ist)
Ormas PP bersama Kapolsek Sukalarang, Sukabumi usai bentrokan. (ist)

Warga Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, yang menjadi lokasi bentrok pada takut saat bentrokan terjadi.

Bentrokan sudah terjadi sejak pukul 15.00 WIB. Markas BPPKB Banten yang terletak di perbatasan Cianjur-Sukabumi dibakar.

Hingga saat ini, pihak Polres Cianjur telah meminta keterangan sejumlah saksi mata yang sempat melihat bentrok kedua ormas tersebut, hingga berujung pengrusakan. 

Polres Cianjur juga tengah mendalami aktor utama di balik penyerangan tersebut dan segera menangkap pelaku yang menyebabkan korban tewas.

"Kita akan mendalami dan segera menangkap pelaku yang menyebabkan korban tewas. Saksi-saksi sudah dimintai keterangan dan saat ini markas ormas yang dirusak, sudah dipasangi garis polisi, untuk memudahkan penyelidikan," terang Doni.

Bentrokan ormas BPPKB tersebut merupakan yang kesekian kalinya. 

Tahun sebelumnya, ormas yang sama sempat terlibat bentrok dengan ormas lainnya di Sukabumi. Bahkan ratusan petugas dari dua Polres Sukabumi dan Cianjur dibantu Satuan Brimob sempat dikerahkan karena sama-sama mengerahkan masa.

"Proses hukum tetap berjalan, kita akan kejar pelakunya. Untuk saat ini, situasi di lokasi kejadian sudah kondusif, namun kita minta petugas untuk meningkatkan patroli," Doni menambahkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US