Gunung Merapi 22 Kali Luncurkan Lava Pijar, Aktivitasnya Tinggi

- Minggu, 24 Januari 2021 | 11:14 WIB
Kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/1/2021). (Photo/ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/1/2021). (Photo/ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih hingga kini masih sangat tinggi m meskipun fluktuatif namun selama enam jam sejak dini hari hingga pagi tadi, dilaporkan terjadi 22 guguran lava pijar.

Dalam hal ini, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, aktivitas Merapi tergolong sangat tinggi. Saat ini potensi lava pijar dan awan panas masih mengancam sehingga semua harus waspada.

"Kita akui memang terjadi penurunan dibandingkan pada 20 Januari lalu, namun lava pijar masih terus terjadi," kata dia, Minggu (24/1/2021).

Kemudian, ia juga menjelaskan bahwa sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB pagi ini, pihaknya mencatat Gunung api teraktif di Indonesia ini mengeluarkan 22 kali lava pijar.

Baca juga: Densus 88 Amankan 5 Terduga Pelaku Teroris, Diduga Terlibat Jaringan Bom Polrestabes Medan

"Jarak luncur antara 600 sampai dengan 800 meter menuju arah barat daya. Jadi tidak sampai 1 km," ulasnya.

Sebelumnya, pihaknya juga mencatat satu kali awan panas guguran dengan jarak luncur 1km menuju arah yang sama yaitu barat daya. Guguran lava pijar juga beberapa kali terjadi dengan jarak luncur yang pendek antara 400 hingga 600 meter.

Hanik menambahkan, dengan intensitas yang fluktuatif namun tinggi ini pihaknya berharap masyarakat tetap tenang. Bahkan bagi pecinta fotografi dan juga Youtuber bisa mengabadikan momen erupsi lava pijar merapi ini.

"Namun sekali lagi dengan jarak yang aman yaitu lebih dari 5 km," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X