Amerika Kembalikan 27 Artefak Hindu dan Buddha Curian ke Kamboja

- Jumat, 11 Juni 2021 | 18:48 WIB
Beberapa artefak kuno curian dikembalikan ke Kamboja. (Manhattan District Attorney's Office/Handout via REUTERS).
Beberapa artefak kuno curian dikembalikan ke Kamboja. (Manhattan District Attorney's Office/Handout via REUTERS).

Amerika Serikat (AS) telah memulangkan 27 barang antik ke Kamboja, termasuk patung-patung Hindu dan Buddha, setelah bertahun-tahun pekerjaan oleh para penyelidik New York untuk memulihkan artefak yang diselundupkan.

Dengan nilai sekitar 3,8 juta dolar AS (sekitar Rp53,9 miliar), barang-barang tersebut termasuk beberapa patung Hindu dan patung Buddha Angkor, seperti Buddha perunggu yang bermeditasi di Naga, patung Siwa, dan patung batu pasir Buddha Prajnaparamita.

"Pemulangan 27 peninggalan yang menakjubkan ini kepada rakyat Kamboja mengembalikan hubungan penting antara era Angkor klasik negara itu dan kebiasaan serta kepercayaan modern, terganggu oleh keserakahan pedagang barang antik curian," kata Jaksa Distrik Manhattan Cy Vance Jr dalam sebuah pernyataan, mengutip dari Antara.

Baca Juga: Tak Makan dan Minum, Pendaki Gunung yang Hilang Selama 4 Hari Ditemukan Selamat

Menteri Kebudayaan dan Seni Rupa Kamboja, Phoeurng Sackona, mengatakan barang antik itu adalah "jiwa yang hilang" dari nenek moyang negara itu.

Barang-barang Kamboja termasuk di antara hampir 400 yang dikembalikan ke 10 negara setelah penyelidikan oleh Unit Perdagangan Barang Antik Manhattan dan Investigasi Keamanan Dalam Negeri AS.

Pihak berwenang AS pekan lalu juga mengembalikan ke Thailand dua ukiran batu seberat 680 kilogram yang dicuri beberapa dekade lalu, yang telah dipajang di Museum San Francisco.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X