Ikut Suntik Vaksin Nusantara Terawan, Gatot Nurmantyo: Karya Putra Indonesia yang Terbaik

- Kamis, 15 April 2021 | 12:55 WIB
Gatot Nurmantyo. (ANTARA FOTO/Setpres/Agus Supar)
Gatot Nurmantyo. (ANTARA FOTO/Setpres/Agus Supar)

Gatot Nurmantyo menjadi salah satu penerima vaksin Nusantara besutan dr Terawan Agus Putranto. Mantan Panglima TNI tersebut mengajukan diri untuk disuntik vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto.

Saat ditanya soal alasannya ikut vaksin Nusantara, Gatot pun memberikan penjelasan secara tegas dan singkat. Menurutnya, ia perlu memanfaatkan hasil karya putra Indonesia.

"Kemudian ada hasil karya putra Indonesia yang terbaik, kemudian uji klinik, kenapa tidak saya? Apapun saya lakukan untuk bangsa dan negara ini," kata Gatot, Rabu (14/4/2021).

Adapun tahap pertama yang harus dijalani Gatot sebelum divaksin yaitu pengambilan darah.

Sebelumnya, mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menjelaskan, alasan mengapa dirinya mau mengembangkan Vaksin Nusantara. Diketahui Vaksin Nusantara diklaim sebagai Vaksin Covid-19 pertama di dunia yang menggunakan sel dendritik.

Terawan berujar, dirinya sudah mengembangkan sel dendritik di cell cure center RSPAD Gatot Subroto sejak 2015 silam. Kemudian ia memaparkan ada ide untuk mengembangkan Vaksin Covid-19 dengan metode dendritik maka langsung disambut dengan baik.

"Sejak 2015 saya sudah mengembangkan proses cell dendritic vaccine di cell cure center RSPAD Gatot Subroto. Sehingga ketika ada ide untuk dendritik vaksin untuk Covid-19, gayung jadi bersambut," ujar Terawan saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (10/3/2021).

"Dan kemudian kami juga sudah mendapatkan uji binatangnya mengenai dendritik vakin Covid-19 melalui pihak ketiga di Amerika, sehingga ini bisa berjalan dengan baik dan membuat kami mantap," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X