Puluhan Warga Bakar Kapal Motor di Lampung, Polisi Turun Tangan

- Senin, 14 Juni 2021 | 21:47 WIB
ilustrasi Pembakaran. (Foto: Istimewa)
ilustrasi Pembakaran. (Foto: Istimewa)

Insiden pembakaran terhadap Kapal Motor (KM) Sekar Tanjung I di Lampung terjadi dan dilakukan oleh puluhan warga. Polda Lampung pun turun tangan menyelidiki kasus ini.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menyebut insiden pembakaran kapal ini berlangsung pada Minggu, 13 Juni 2021. TKP pembakaran terjadi di perairan Sukabanjar Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Kapal tersebut awalnya dikendarai oleh Rusdi dan 10 ABK dan sedang menjaring ikan. Sesampainya di perairan Sukabanjar, warga menghentikan kapal tersebut.

"Sebanyak 30 orang menyuruh memberhentikan KM Sekar Tanjung 1 dan memaksa untuk digiring ke Pelabuhan Batu Balai Tanggamus," kata Kombes Pandra kepada wartawan, Senin (14/6/2021).

BACA JUGA: 8 Warga yang Ditangkap Terkait Pembakaran Polsek Candipuro Ternyata Belum Jadi Tersangka

Setelah mendapat informasi terkait hal tersebut, polisi mendatangi TKP dan melakukan mediasi. Mediasi pun berhasil dan warga menyerahkan kapal tersebut ke polisi.

"Awalnya warga setuju dan kapal pun bertolak menuju ke Kota Agung dengan di nahkodai oleh nelayan setempat. Sedangkan anggota Polairud mengamankan nahkoda dan ABK KM Sekar Tanjung 1 melalui jalur darat," beber Pandra.

Setelah kapal tersebut berlayar sampai di tengah laut, warga sebanyak 20 orang menyusul kapal, menghadang hingga melakukan pembakaran terhadap kapal tersebut. Beruntung nahkoda kapal sendiri berhasil diamankan oleh polisi.

"Sampai dengan hari ini, penyidik dari Sat Polairud Polda Lampung masih melakukan penyelidikan dan penyidikan mendalam untuk mengetahui siapa saja pelaku yang terlibat dan apa motif pelaku melakukan pengerusakan KM Sekar Tanjung 1 tersebut," pungkas Pandra.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X