Cegah Corona, Ketua DPR Puan Maharani Dukung Karantina Wilayah

- Senin, 30 Maret 2020 | 18:09 WIB
Ketua DPR Puan Maharani bersama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan Rachmat Gobel usai pimpin Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)
Ketua DPR Puan Maharani bersama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan Rachmat Gobel usai pimpin Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Ketua DPR, Puan Maharani, mendukung sistem penanggulangan virus Corona dengan menerapkan isolasi terbatas dan karantina wilayah. Hal ini, sesuai dengan ketentuan UU Nomor 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Puan meminta pemerintah pusat mengoptimalkan peranan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi yang mungkin ditimbulkan.

"Utamanya dalam menjamin keselamatan rakyat, memberikan pelayanan penanganan, memastikan ketersediaan tenaga dan fasilitas kesehatan yang cukup," kata Puan, dalam Sidang Paripurna yang berlangsung di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Antara, Senin (30/3/2020).

"Memperluas edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penyebaran virus Corona, serta dalam menangani dampak sosial, ekonomi, dan budaya akibat wabah virus Corona," sambungnya.

Puan berharap, masyarakat tidak panik saat menghadapi wabah virus corona. Dia mengajak masyarakat untuk dapat ikut disiplin dalam melaksanakan jaga jarak fisik (physical distancing) yang dicanangkan pemerintah sebagai salah satu upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

-
Pimpinan DPR saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (ANTARA/M Risyal Hidayat).

Pada Masa Persidangan III tahun sidang 2019-2020, Puan juga memutuskan tidak akan mengirim delegasi untuk menghadiri pertemuan, sidang atau konferensi organisasi parlemen regional maupun internasional.

Selain itu, DPR juga meniadakan kegiatan kunjungan kerja spesifik kecuali bersifat mendesak  dan harus mendapat persetujuan pimpinan DPR dengan mempertimbangkan tingkat penyebaran dan resiko ancaman virus Corona yang sangat masif.

“Serta meniadakan kegiatan seminar, forum diskusi grup, dan konsinyering baik dalam ataupun luar kota," tutur Puan.

Kemudian, politikus PDIP ini juga mengajak kepada seluruh anggota DPR, untuk menyikapi wabah virus Corona ini dengan kesatuan sikap yang sama, yaitu bergotong-royong, kerja sama, bersatu dalam satu tekad yang sama untuk menyelamatkan Indonesia dari wabah virus corona.

Turut mendampingi Puan, Wakil Ketua DPR, M Azis Syamsuddin, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar. Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang itu dihadiri 45 orang anggota DPR secara fisik dan 297 secara virtual.

Tempat duduk peserta sidang yang hadir secara fisik pun diatur berjarak sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol physical distancing.

Artikel Menarik Lainnya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X