The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Desa Timun, Animasi Wayang untuk Anak-anak
Animasi pewayangan 'Desa Timun'. (Istimewa)
Movie

Desa Timun, Animasi Wayang untuk Anak-anak

Meriahkan Hari Anak Nasional.

Jumat, 23 Juli 2021 21:20 WIB 23 Juli 2021, 21:20 WIB

INDOZONE.ID - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Jumat (23/7/2021), Desa Timun merilis film animasi pendek pertama dengan judul BOLA yang ditayangkan di Channel Youtube Desa Timun.

Desa Timun adalah animasi wayang yang bercerita tentang keseharian dan kelucuan tiga anak kancil: Cila, Cili dan Cilo. Film ini ditargetkan untuk anak berusia tiga tahun ke atas.

Pendiri Desa Timun, Daud Nugraha, ingin anak-anak Indonesia lebih mengenal wayang sejak dini. Agar lebih menarik, Daud mengombinasikan teknik pewayangan dan animasi dalam sebuah video pendek.

“Saya suka wayang sejak kecil. Saya juga suka nonton film kartun dan animasi. Saya ingin bikin wayang yang bisa dinikmati anak-anak sama seperti mereka menikmati film animasi,” kata Daud.

Daud Nugraha adalah sosok di balik lahirnya Desa Timun. Dia yang membidani dari konsep, naskah, desain karakter, storyboard, pendalangan hingga penganimasian. Perannya tak lepas dari pengalamannya yang pernah jadi guru TK sampai menjadi Storyboard Artist di Left Pocket Studio, Shanghai, China.

Dalam mendalang, Daud dibantu oleh istrinya, Ricca Virria, dan dua anaknya. Syuting dilakukan di apartemennya di Shanghai, China.

Suara diisi oleh Tisa Julianti, voice over talent dan dubber yang sudah menyuarai karakter-karakter film Disney, seperti Rapunzel, Cinderella, dan Tiana. Tisa berperan sebagai Cila dan Cilo. Sedangkan karakter Cili disuarai oleh anaknya yang berusia 5 tahun, Aira Hariyadi.

Sementara itu, untuk urusan musik, Daud dibantu Fauzie Wiriadisastra, seorang komposer, konduktor, dan multi-instrumentalis di Bandung Philharmonic Orchestra. Musik Desa Timun sengaja dibuat lucu ala film kartun, dibawakan dengan alat musik tradisional Indonesia seperti gamelan, suling, dan angklung.

Daud berharap, teknik aniwayang ini, begitu dia menyebutnya, bisa dipakai oleh lebih banyak lagi kreator dan pencerita Indonesia sebagai salah satu media/gaya animasi khas dari bangsa Indonesia.

Ke depan, Daud berencana membuat serial aniwayang Desa Timun. Terdekat, episode terbaru akan ditayangkan di Gulali Festival, Oktober 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
JOIN US
JOIN US