The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita yang Menyentuh Hati
Ilustrasi pemakaman (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Life

25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita yang Menyentuh Hati

Senin, 26 Juli 2021 00:03 WIB 26 Juli 2021, 00:03 WIB

INDOZONE.ID - Ucapan belasungkawa turut berduka cita dapat berisi doa-doa, kata penyemangat, dan harapan baik untuk menguatkan hati mereka yang ditinggalkan keluarga tercinta.

Ucapan duka cita yang menyentuh hati juga bisa menenangkan perasaan kalut dan sebagai pengingat bahwa kita semua akan kembali kepada Sang Pencipta.

Memberikan ucapan berduka cita merupakan bentuk kepedulian kita kepada mereka yang mengalami musibah sekaligus meringankan kesedihan mereka.

Ucapan Belasungkawa Singkat Bermakna

ucapan belasungkawa
Ilustrasi ucapan belasungkawa (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Memberikan ucapan belasungkawa yang singkat namun tetap bermakan bisa jadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada seseorang yang telah ditinggalkan anggota keluarganya. Berikut ini referensi ucapan belasungkawa singkat bermakna:

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Semoga almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya, dan diampuni segala dosanya. Aamiin."

"Inna lillahi wainna ilaihi roji'un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga amal dan ibadah almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan."

"Semua rasa sakit yang ia alami selama ini sudah berakhir, Allah lebih menyayanginya daripada kita semua di sini. Selamat jalan, semoga engkau sudah tenang di surga sana."

"Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang."

"Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Kami turut berdukacita atas kepergian almarhum/almarhumah, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan."

"Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Saya turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak."

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kini yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selamanya."

"Saya turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya, saya hanya bisa memanjatkan doa terbaik untuk almarhum/almarhumah di sana."

Ucapan Duka Cita Menyentuh Hati

ucapan duka cita
Ilustrasi ucapan duka cita (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Adakalanya kepergian seseorang meninggalkan lubang di hati yang tak akan tergantikan. Ucapan duka cita yang menyentuh hati bisa diberikan kepada mereka yang ditinggalkan agar senantiasa tegar menghadapi cobaan.

"Rezeki, jodoh, dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuan-Nya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman kepada kita yang ditinggalkan."

"Jangan bersedih, semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang."

"Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya."

"Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin."

"Kepergian almarhum adalah takdir yang telah Allah gariskan. Kami turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya. Semoga almarhum dilapangkan kuburnya dan berat timbangan amal baiknya kelak. Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dan kuat."

"Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, kita harus menerimanya dengan lapang dada. Mudah-mudahan almarhum mendapatkan surga terindah di sisi-Nya."

"Kita semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya."

"Kehilangan memang tidaklah mudah. Namun, ingatlah tidak ada cobaan yang diberikan Tuhan melampaui kemampuan hamba-Nya."

"Kesedihan yang kita rasakan merupakan sebuah tanda, jika kita sangat mencintainya. Sekarang ia sudah tenang di alam sana, tak perlu risau karena Allah SWT selalu menjaganya."

Ucapan Belasungkawa Islami

ucapan belasungkawa islami
Ilustrasi ucapan belasungkawa Islami (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ucapan belasungkawa Islami berisi doa-doa dan harapan baik dapat menjadi pelipur lara bagi mereka yang telah kehilangan keluarga tercinta. Berikut ini rekomendasi ucapan belasungkawa Islam terbaik:

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berdukacita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini."

"Ya Allah, ampunilah ia dan berilah rahmat kepadanya. Maafkanlah ia dan tempatkanlah di tempat terbaik. Lapangkan kuburnya dan bersihkanlah ia dari segala kesalahan yang ia perbuat."

"Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil segala sesuatu yang telah ia titipkan kepada hamba-Nya. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakan agar dapat dipertemukan kembali di surga-Nya kelak. Aamiin."

"Saya turut berduka cita atas kepergiannya, semoga ia diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Mudah-mudahan engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. Innallaha ma'ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan bertakwa."

"Segala mahkluk yang bernyawa akan Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas segala kejadian yang kini menimpamu. Yakinilah pasti Allah telah menyelipkan hikmak dibalik rasa sedih dan duka. Turut serta berduka cita atas meninggalnnya (sebutkan namanya), mudah-mudahan keluarga yang telah ditinggalkan diberi ketabahan."

"Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan. Lapangkanlah kuburnya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamiin."

"Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kita kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin."

"Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dahulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya."


Itulah ucapan belasungkawa turut berduka cita yang menyentuh hati dan memotivasi untuk bangkit kembali menjalani hidup. Semoga mereka yang telah pergi mendahului kita mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US