The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebelum Masuk Jakarta, Varian Covid-19 Asal India Sudah 'Menggila' di Singapura
Pekerja migrain yang akan dikarantina di Singapura (REUTERS/Edgar Su)
Health

Sebelum Masuk Jakarta, Varian Covid-19 Asal India Sudah 'Menggila' di Singapura

Sempat disebut varian Singapura.

Kamis, 20 Mei 2021 10:45 WIB 20 Mei 2021, 10:45 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) membantah klaim seorang politisi di India, tentang jenis baru Covid-19 di Singapura. Ternyata, varian Covid-19 asal India lah yang kini banyak ditemukan di Negeri Singa tersebut dan kini dikonfirmasi juga masuk Indonesia dan ditemukan di Jakarta.

“Tidak ada kebenaran apapun dalam pernyataan yang ditemukan dalam laporan itu. Tidak ada 'varian Singapura',” kata juru bicara Depkes Singapura, Selasa lalu seperti dilansir Strait Times.

“Jenis yang lazim di banyak kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir adalah varian B16172, yang berasal dari India. Pengujian filogenetik telah menunjukkan varian B16172 ini dikaitkan dengan beberapa cluster di Singapura," tambah juru bicara tersebut.

Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung juga menyebut varian virus Corona India B1617 itu tampaknya lebih mudah menginfeksi anak-anak.

Baca Juga: Pemprov DKI Temukan 1 Kasus Mutasi Virus Corona Asal India di Jakarta

B1617 pertama kali dilaporkan di India Oktober lalu dan sejak itu telah terdeteksi di lusinan negara lain, termasuk Singapura. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikannya sebagai varian "yang harus diwaspadai".

Strain B16172 adalah sublineage dari strain B1617, dan menjadi penyebab klaster Covid-19 di Rumah Sakit Tan Tock Seng dan Bandara Changi. Kini, pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta juga mendeteksi adanya varian B1617 di Ibu Kota.

India memiliki jumlah kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US