The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

8 Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Otak Gagal Fokus
Ilustrasi cara meningkatkan konsentrasi (photo/freepik/@wayhomestudio)
Health

8 Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Otak Gagal Fokus

Selasa, 02 Maret 2021 14:11 WIB 02 Maret 2021, 14:11 WIB

INDOZONE.ID - Kesulitan fokus pasti pernah dialami oleh semua pelajar dan pekerja kantoran. Kehilangan konsentrasi saat belajar atau bekerja, membuat waktu terbuang begitu saja.

Tak hanya itu, gangguan konsentrasi adalah kendala yang dapat membuat pekerjaan dan tugas menjadi terhambat, sehingga tidak bisa selesai tepat waktu.

Namun ternyata, ada cara meningkatkan konsentrasi supaya tetap fokus, yang bisa kamu lakukan dengan langkah cukup mudah.

Cara untuk meningkatkan konsentrasi bisa kamu coba dengan mengonsumsi minuman tertentu hingga menerapkan teknik yang membantumu berkonsentrasi.

Penyebab Sulit Fokus dan Konsentrasi

Sebelum kamu mengetahui cara untuk meningkatkan konsentrasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab sulit fokus yang sedang kamu alami.

  • Kurang tidur

  • Banyak pikiran

  • Stres

  • Lapar

  • Gelisah

  • Kecanduan alkohol

  • Kelelahan kronis

  • Insomnia

  • Depresi

Cara Fokus Meningkatkan Konsentrasi

Tak perlu bingung, jika kamu sulit fokus saat bekerja atau belajar, berikut ini sudah Indozone rangkum cara meningkatkan konsentrasi dengan langkah mudah yang bisa kamu praktikkan.

1. Hindari Sumber Gangguan


hindari sumber gangguan
photo/freepik

Menghindari sumber gangguan merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan konsentrasi supaya bisa fokus.

Sadari terlebih dahulu gangguan yang membuyarkan konsentrasimu, misalnya kebisingan, suara mengganggu, notifikasi ponsel, atau mungkin obrolan orang lain.

Dengan begitu, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasinya, seperti memakai headphone, menutup pintu ruangan, dan mematikan notifikasi ponsel.

Kamu juga bisa pindah ke tempat tenang untuk sementara waktu, agar pikiranmu kembali fokus dan dapat berkonsentrasi.

2. Dekorasi Meja


dekorasi meja
photo/freepik

Keberadaan barang-barang tidak penting yang memenuhi meja kerja atau meja belajar, terbukti sangat menggangu dan mengalihkan perhatian.

Kondisi meja yang berantakan, membuat otak secara langsung terpengaruh dengan hal-hal yang terlihat di depan mata.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengatur kembali meja dengan menempatkan benda-benda penting dan yang bisa memotivasi.

Kamu bisa meletakkan air minum, rencana kerja, alat tulis, buku catatan, tanaman hias, jam, hingga foto kebersamaan yang hangat.

3. Konsumsi Kafein


konsumsi kafein
photo/freepik/@anthonymujica

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat meningkatkan kemampuan fokus.

Kafein dapat menstimulasi kerja sistem saraf pusat, sehingga meningkatkan kewaspadaan, ketelitian, perhatian, dan konsentrasi.

Kandungan kafein bisa kamu temukan pada minuman seperti kopi, teh, cokelat, matcha, soda, atau minuman berenergi.

Tak perlu banyak-banyak, cukup konsumsi dalam takaran yang pas. Bila minum kafein berlebihan, justru akan membuat kamu merasa cemas dan gugup.

4. Dengarkan Musik


dengarkan musik
photo/freepik/@yanalya

Berdasarkan penelitian The Journal of Positive Psychology, getaran gelombang suara pada musik, bisa meningkatkan hormon dopamin.

Mendengarkan musik sambil melakukan pekerjaan, merupakan salah satu cara meningkatkan konsentrasi supaya otak tetap fokus.

Hal ini dikarenakan musik memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati dan menghilangkan stres bagi pendengarnya.

Selain bisa memblokir gangguan suara, mendengarkan musik favorit juga dapat memberikan rasa bahagia.

5. Buat Daftar Prioritas


buat daftar prioritas
photo/freepik/@user7920588

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Graduate Medical Education, menyatakan bahwa membuat daftar prioritas dapat membantu produktivitas.

Kamu bisa menuliskan apa saja tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari ini, mulai dari yang paling penting dan darurat hingga yang tidak terlalu penting.

Pilih tiga peringkat teratas dari daftar prioritas yang telah kamu buat, lalu fokuslah mengerjakan tugas dan pekerjaan tersebut.

Pastikan juga kamu mengerjakan tugas atau pekerjaan paling sulit terlebih dahulu, karena energi di awal lebih optimal, sehingga kamu akan mudah menyelesaikannya.

6. Terapkan Teknik Pomodoro


terapkan teknik pomodoro
photo/freepik

Teknik Pomodoro bisa membantu kamu lebih fokus dan mudah berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan.

Teknik Pomodoro pada dasarnya adalah teknik mengatur waktu yang melatih kemampuan otak kamu untuk mengerjakan tugas dalam waktu singkat.

  1. Atur timer selama 25 menit.

  2. Mulai mengerjakan tugas atau pekerjaan.

  3. Saat alarm berbunyi, istirahat 5 menit.

  4. Atur lagi timer dan kembali bekerja.

  5. Lakukan sebanyak 4 kali.

  6. Kemudian istirahat selama 20-30 menit.

Menerapkan teknik Pomodoro yang menggunakan interval waktu, terbukti efektif mengatur jam kerja atau jam belajar agar kamu tidak kebablasan membuang waktu.

7. Istirahat Sejenak


istirahat sejenak
photo/freepik

Ada kalanya ketika otak benar-benar tidak bisa diajak bekerja sama untuk berkonsentrasi dan fokus melakukan pekerjaan.

Hal tersebut disebabkan oleh kelelahan, kurang tidur, stres, atau banyak pikiran yang membuat cemas dan gelisah.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan beristirahat sejenak untuk memberikan waktu jeda kepada otak menghilangkan penat.

Kamu bisa tidur siang selama 10 menit, jalan-jalan menghirup udara segar, menikmati camilan favorit, atau bercanda dengan sahabat.

8. Gunakan Metode SMART


metode smart
photo/freepik/@Waewkidja

Kalau kamu sulit berkonsentrasi karena sedang menangani proyek besar dan kebingungan harus memulai dari mana, kamu bisa menggunakan metode SMART, yaitu:

  • Specific. Buatlah tujuan yang spesifik dan jelas.

  • Measurable. Tentukan indikator tujuan yang bisa diukur.

  • Achievable. Tetapkan tujuan yang realistis agar bisa dicapai.

  • Relevant. Pastikan tujuan yang ingin dicapai relevan dan selaras.

  • Timely. Lakukan semaksimal mungkin supaya tepat waktu.

Metode SMART sangat membantu kamu memecah pekerjaan kompleks menjadi tugas-tugas kecil yang bisa dikerjakan satu per satu.

Hal ini tentu membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi dan fokus menangani tugas agar selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Nah, itulah cara meningkatkan konsentrasi agar tetap fokus kerja atau belajar, yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US