The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengapa Payudara Terasa Sakit dan Bengkak saat PMS?
Ilustrasi Nyeri Payudara. (Photo/Freepik)
Health

Mengapa Payudara Terasa Sakit dan Bengkak saat PMS?

Sabtu, 27 Februari 2021 18:02 WIB 27 Februari 2021, 18:02 WIB

INDOZONE.ID - Sebelum masa menstruasi, wanita bisa mengalami gejala-gejala tertentu pada tubuhnya seperti payudara yang membengkak dan terasa sakit. Gejala ini menjadi tanda bahwa kamu mengidap penyakit fibrokistik.

Menurut mayoclinic.org, penyakit ini umum ditemukan. Lebih dari setengah perempuan mengidap hal ini, dalam beberapa waktu sebelum periode menstruasi. Namun, penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya.

Baca Juga: Alami Haid yang Lama? Berikut Bisa Jadi Penyebabnya!

Walau tidak berbahaya tetapi kondisi tidak nyaman pada payudara jangan disepelekan. Sebab, bisa jadi yang kamu rasakan bukanlah tanda dari fibrokistik.

Pada kondisi penyakit fibrokistik, area jaringan payudara terjadi penggumpalan. Rasa sakit ini akan parah saat sebelum periode menstruasi. Namun, rasa sakitnya akan menurun saat mentruasi dan setelah menstruasi.

Hasil tinjauan medis oleh Debra Rose Wilson seorang psikolog kesehatan, rasa tidak nyaman ini disebabkan oleh hormon yang berfluktuasi sebelum periode menstruasi yang menyebabkan pembekakan.

Ada dua hormon yang berkontribusi pada penyakit ini yaitu, esterogen dan progesteron. Esterogen menyebabkan saluran payudara membesar. Sedangkan, produksi progesteron menyebabkan kelenjar susu membengkak.

Adapun tanda-tanda yang wajib kamu waspadai adalah sebagai berikut:

  • Ada benjolan baru atau penebalan benjolan
  • Terdapat area spesifik yang terus menerus terasa semakin sakit
  • Terdapat perubahan bentuk payudara kamu bahkan setelah siklus menstruasi selesai
TAG
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US