The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Tahapan Olahraga yang Perlu Diketahui untuk Memulihkan Kebugaran Setelah Sembuh Covid-19
Ilustrasi berolahraga (Pexels/Li Sun)
Health

4 Tahapan Olahraga yang Perlu Diketahui untuk Memulihkan Kebugaran Setelah Sembuh Covid-19

Selasa, 02 Maret 2021 14:56 WIB 02 Maret 2021, 14:56 WIB

INDOZONE.ID - Satu dari lima orang yang pulih dari virus corona tetap tidak sehat selama enam minggu atau lebih.

Padahal banyak di antara mereka yang ingin kembali seperti sebelumnya dengan tubuh yang bugar.

Namun, setelah sembuh dari Covid-19 sebaiknya jangan langsung melakukan olahraga berat untuk membuat tubuh kamu bugar, karena dapat membahaya kesehatan.

Dikutip dari Mirror, Institut Olahraga Inggris dan Skotlandia menyarankan untuk tidak berolahraga sebelum kamu mencapai latihan seperti berjalan kaki 500 m tanpa merasa lelah dan sesak.

Karena orang yang mengalami penyakit parah rentan mengalami kerusakan jantung sehingga harus melakukan pemeriksaan jantung sebelum mulai berolahraga.

Mulailah dengan perlahan, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga, jalan kaki, latihan keseimbangan atau yoga. Tambahkan jug aktivitas pernapasan, peregangan, dan penguatan ringan.

Kamu juga disarankan tujuh hari (fase satu) aktivitas yang sangat ringan, termasuk fleksibilitas dan latihan pernapasan.

Untuk tujuh hari berikutnya (fase dua) gabungkan aktivitas ringan seperti berjalan kaki dan yoga ringan, dengan peningkatan bertahap 10-15 menit per hari.

Untuk fase tiga, cobalah interval dua blok aktivitas lima menit seperti jalan cepat, naik dan turun tangga, joging, berenang, atau bersepeda.

Latihan fase empat meningkatkan koordinasi, kekuatan, dan keseimbangan, seperti berlari dengan perubahan arah, langkah samping, dan sirkuit latihan beban tubuh. Setelah fase keempat selesai, cobalah olahraga normal.

Para peneliti mengusulkan minimal tujuh hari untuk setiap fase. Namun, orang harus tetap pada fase yang mereka rasa nyaman selama yang mereka inginkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US