The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Warga India Percaya Melumuri Tubuh Dengan Kotoran Sapi Akan Tangkal Corona
Warga India melumuri tubuh dengan kotoran sapi. (REUTERS/AMIT DAVE)
Health

Warga India Percaya Melumuri Tubuh Dengan Kotoran Sapi Akan Tangkal Corona

Rabu, 12 Mei 2021 11:50 WIB 12 Mei 2021, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - India yang saat ini tengah diterpa 'tsunami' Corona, telah temukan kepercayaan baru terkait virus Corona. Mereka percaya melumuri tubuh dengan kotoran sapi bisa menangkal virus Corona.

Padahal tindakan yang dilakukan tersebut tak ada bukti ilmiah. Malah para dokter dan ilmuwan telah memperingatkan bahwa hal tersebut memiliki bahaya tersendiri terhadap tubuh.

"Tidak ada bukti ilmiah yang konkret bahwa kotoran sapi atau urine dapat meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19, itu sepenuhnya hanya didasarkan pada keyakinan," kata Dr JA Jayalal, national president di Indian Medical Association, dikutip dari Reuters.

"Ada risikonya bagi kesehatan jika mengolesi atau mengonsumsi produksi ini, penyakit lain pun dapat menyebar dari hewan ke manusia," lanjutnya.

Bahkan para ilmuwan khawatir tindakan yang dilakukan bisa semakin meningkatkan ketertularan virus Corona karena banyaknya orang yang berkumpul di tempat kotoran sapi tersebut.

Salah satu daerah di India yang masyarakatnya masih melakukan hal tersebut adalah di Gujarat, India barat. Dalam seminggu sekali, sejumlah warga di sana pergi ke tempat penampungan sapi untuk melumuri tubuhnya dengan kotoran dan urine sapi.

Bagaimana menurut kamu nih guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US