The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diyakini Menyehatkan, Ternyata Superfood Memiliki Bahaya Untuk Kesehatan
Ilustrasi Superfood. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Diyakini Menyehatkan, Ternyata Superfood Memiliki Bahaya Untuk Kesehatan

Rabu, 24 Februari 2021 14:57 WIB 24 Februari 2021, 14:57 WIB

INDOZONE.ID - Superfood adalah istilah kelompok makanan yang kaya akan berbagai macam nutrisi, seperti antioksidan, serat, asam lemak. Ini merupakan makanan yang diyakini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sejak 2011 sampai 2015, terdapat peningkatan produk makanan dan minuman baru yang dirilis dengan istilah superfood, superfruit, atau supergrain. Peningkatan penggunaan istilah tersebut ternyata mencapai 200 persen.

Contoh produk yang kerap disebut dengan istilah tersebut meliputi moringa, rumput laut, blueberry, jahe, kunyit, matcha, oat, barley, serta chickpeas.

Baca Juga: Jaga Pencernaan Lancar, 3 Buah-buahan Ini Mengandung Serat Larut Tinggi

Tren superfood kerap meyakini pada konsumennya bahwa berbagai manfaat, mulai dari memperlambat proses penuaan, menurunkan risiko depresi, hingga meningkatkan kemampuan fisik dan kecerdasan, dapat mereka dapatkan dengan menerapkan pola diet tertentu.

Berdasarkan penelitian, produk-produk tersebut benar memiliki berbagai manfaat kesehatan. Meski begitu, istilah superfood dianggap lebih menekankan nilai pemasaran saja daripada kandungan nutrisi dalam makanan tersebut.

Pasalnya, masyarakat menjadi beranggapan bahwa mereka dapat merasakan sejumlah manfaat tersebut hanya dengan mengonsumsi satu atau dua jenis makanan.

Mengonsumsi superfood berarti membatasi makanan ke dalam beberapa pilihan saja dan malah menurunkan nutrisi yang seharusnya dikonsumsi secara optimal.

Adanya label superfood pada beberapa makanan juga dapat mengesankan bahwa makanan lain tidak se-‘sehat’ superfood. Meskipun faktanya makanan-makanan lain pun turut memberikan nutrisi yang sama besarnya dengan superfood.

Menurut Despina Hyde, seorang ahli diet dalam program manajemen berat badan di Langone Medical Center dari New York University, superfood hanya sekadar istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan.

Akan tetapi, kunci untuk diet sehat adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan bergizi dalam jumlah yang tepat.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US