The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Kenapa Mulas Semakin Parah saat Malam Hari
Ilustrasi mulas di malam hari (Pexels/Polina Zimmerman)
Health

Ini Alasan Kenapa Mulas Semakin Parah saat Malam Hari

Kamis, 08 Oktober 2020 11:13 WIB 08 Oktober 2020, 11:13 WIB

INDOZONE.ID - Mulas sangat umum terjadi dan kondisi ini memengaruhi banyak orang setiap hari. Banyak orang yang mengatakan kondisi ini  berhubungan dengan jantung, padahal kondisi ini masalah gastrointestinal.

Mulas terjadi ketika makanan dan asam yang ada di perut berjalan kembali ke kerongkongan. Ini menyebabkan sensasi terbakar di lapisan esofagus. Saat itu terjadi di dekat jantung, itu disebut mulas.

Kondisi ini bisa terjadi setelah makan pedas atau saat mengenakan celana ketat. Namun beberapa orang mengalami hal ini setiap hari karena kebiasaan gaya hidup atau pengobatan mereka.

Mereka yang pernah mengalami sakit maag, tahu betul betapa mengganggunya sensasi terbakar itu dan sering bertanya-tanya mengapa semakin parah di malam hari.

Sensasi terbakar yang parah di malam hari terjadi karena gaya gravitasi. Saat berbaring, makanan bergerak dari perut ke kerongkongan karena gaya gravitasi, hal ini tidak terjadi saat berdiri atau duduk.

Karena Saat berdiri atau duduk makanan dan asam tetap berada di perut, tempat proses pencernaan berlangsung karena tarikan gravitasi.

Nah, mereka yang  mengonsumsi obat-obatan tertentu atau merokok dan minum lebih rentan mengalami mulas di malam hari.

Untuk mengurangi rasa mulas di malam hari, berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan, seperti yang sudah dilansir dari Times of India:

  • Makan dalam porsi kecil, itu artinya kamu jangan makan malam berlebihan, hal ini agar makanan lebih mudah untuk dicerna oleh perut.
  • Tidak makan makanan berlemak dan pedas, makanan ini harus kamu hindari di malam hari, karena bisa memperburuk gejala.
  • Jangan langsung tidur sebelum makan, setelah makan malam, tunggulah 2 jam untuk tidur, karena tidur setelah makan hanya akan meningkatkan mulas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US