The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal James Cook, Orang yang Menemukan Antartika pada 1774!
Antartika. (photo/Ilustrasi/Pexels/Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Mengenal James Cook, Orang yang Menemukan Antartika pada 1774!

Selasa, 15 Juni 2021 10:34 WIB 15 Juni 2021, 10:34 WIB

INDOZONE.ID - Benua Antartika dilaporkan ditemukan oleh James Cook di 1774. Sebelum tahunj 1774, para ilmuwan yang masih menganut teori lama percaya bahwa di ujung selatan Bumi ada sebuah benua yang disebut Terra Australis Incognita. Benua di ujung selatan Bumi ini untuk mengimbangi benua yang ada di sebelah utara Bumi. 

Sebab jika tidak, Bumi ini tentu menjadi berat sebelah, menurut pendapat para ilmuwan. Membuktikan hal itu, Royal Society yang berpusat di London, mengutus James Cook untuk berlayar menuju ujung Bumi paling selatan untuk cari Terra Australis Incognita. Pada 1772, James Cook dengan 108 anak buah kapal berlayar dengan kapal Endeavour sejauh 20.000 mil melalui Samudera Hindia. 

Sesampainya di Antartika pada 28 Januari 1774, ia tidak temukan adanya benua. Dia hanya temukan laut yang berombak dengan setinggi gunung, salju, dan gunung es. Sejak saat itu, Terra Australis Incognita hanya dianggap mitos belaka. Walau tidak menemukan benua paling ujung selatan Bumi, James Cook pun telah berjasa menemukan jeruk limau sebagai obat penyakit sorbut. 

Skorbutatau dikenal 'the plague of sea', merupakan penyakit yang menghantui para pelaut, penyebab kematian tertinggi selama berlayar. Skorbut dalam ilmu kedokteran modern dikenal sebagai suatu kondisi yang disebabkan kekurangan parah pada vitamin C. Sebelum 1772, kadang setengah hingga 3/4 jumlah anak buah kapal yang mati karena penyakuit skorbut. James Cook tahu bahwa penyakit itu disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi para pelaut zaman itu tidaklah sehat. 

Karena itu, James Cook pun menyediakan bekal logistik yang baik. Dimana,mereka diberi makanan yang segar dan air jeruk limau selama berlayar. Semua orang pun tercengang mendengar hasil yang diperoleh James Cook selama pelayaran menemukan Antartika. Atas hal itu, James Cook pun diangkat menjadi anggota Royal Society dan diberikan bintang emas sebagai bentuk penghargaan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US