The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Tradisi Natal dari Berbagai Negara di Dunia
Photo/Freepik
Fakta Dan Mitos

Inilah Tradisi Natal dari Berbagai Negara di Dunia

Minggu, 20 Desember 2020 20:28 WIB 20 Desember 2020, 20:28 WIB

INDOZONE.ID - Natal biasanya dirayakan dengan berbagai cara dan tradisi. Di Indonesia, Natal disemarakkan dengan acara berkumpul dan kebaktian bersama.

Negara lain di dunia juga memiliki tradisi Natal yang berbeda-beda, mulai dari kegiatan, hidangan dan dekorasi khas Natal.

Berikut Indozone bagikan tradisi Natal dari berbagai negara di dunia yang bisa menjadi pengetahuan baru nih buat kamu.

Tradisi Natal

1. Menyantap KFC di Jepang

Tradisi Natal di Jepang terbilang sangat unik. Di Negeri Sakura ini, Kentucky Fried Chicken (KFC) menjadi hidangan yang wajib disantap saat Natal tiba. Warga Jepang bahkan rela mengantri untuk bisa menikmati KFC.

2. Musim Panas di Australia

tradisi natal
Photo/Freepik/travnikovstudio

Natal identik dengan musim dingin di negara Eropa, namun tidak di Australia. Natal di Australia selalu bertepatan dengan musim panas. Tak heran jika warga Australia merayakan Natal di pantai atau pusat perbelanjaan. Bahkan ada perlombaan dayung dan kriket loh!

3. Meniup Terompet di Belanda

Tradisi Natal di Belanda adalah dengan meniup terompet saat pertengahan musim dingin bulan Desember. Terompet yang digunakan terbuat dari kayu menyerupai tanduk alpine dan mengeluarkan bunyi melankolis. Konon, terompet tersebut digunakan untuk menakuti roh jahat pada zaman dahulu.

4. Sauna di Finlandia

tradisi natal
Photo/Freepik/noxos

Tradisi Natal di Finlandia juga cukup unik. Warga Finlandia merayakan liburan Natal pada 13 Desember dengan mengunjungi sauna untuk bersantai atau ke pemakaman untuk mengingat orang-orang yang telah tiada. Gadis tertua dalam setiap keluarga juga akan mengenakan jubah putih dan mahkota lilin lalu melayani keluarganya.

5. Pohon Pisang di India

Tradisi Natal di India yakni mengganti pohon cemara menjadi pohon pisang untuk dijadikan pohon Natal. Di India sulit menemukan pohon cemara atau pohon palem untuk dihias. Oleh karena itu, pohon pisang, pohong mangga, atau pohon palem yang sering digunakan sebagai pohon Natal.

6. Menyalakan Lilin di Irlandia

tradisi natal
Photo/Freepik/chandlervid85

Tradisi Natal unik lainnya ada di Irlandia. Saat malam Natal Tiba, warga Irlandia menyalakan lilin di rumah. Lilin tersebut harus dinyalakan oleh anak paling kecil di keluarganya. Lilin tersebut juga tidak boleh mati semalaman karena dipercaya bisa menerangi bunda Maria dan Yusuf.

7. Menyalakan Api 12 Hari di Yunani

Tradisi Natal di Yunani adalah dengan menyalakan api selama 12 hari. Hal ini dipercaya dapat mencegah roh jahat yang bisa masuk melalui cerobong asap. Warga Yunani juga menghadiri kebaktian tengah malam selama liburan.

8. Kaus Kaki Ranjang di Inggris

Tradisi Natal di Inggris juga cukup unik. Warga Inggris biasanya menggantung kaus kaki untuk hadiah Natal di kaki ranjang bukan pada perapian. Mereka juga akan mengenakan mahkota kertas saat makan malam Natal serta menyalakan petasan Natal.

9. Tukar Kado di Amerika

tradisi natal
Photo/Freepik/gpointstudio

Tradisi Natal di Amerika berupa acara tukar kado. Warga Amerika juga saling memberikan kartu ucapan, mendekor rumah dengan hiasan dan mengadakan makan malam bersama keluarga atau sahabat dengan menu utama kalkun.

10. Menyembunyikan Sapu di Norwegia

Tradisi Natal di Norwegia juga tak kalah menarik. Warga Norwegia akan menyembunyikan sapu sebelum tidur agar nenek sihir yang berkeliaran tidak bisa menemukan sapu untuk menggunakan kekuatan sihirnya. Ditambah lagi para pria yang menembakkan senapan ke langit untuk mengusir roh-roh jahat.

Itulah tradisi Natal yang unik dan menarik dari berbagai negara. Tradisi apa nih yang ada di daerah kamu?

TAG
Zal
Indriyana
Zal

Zal

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US